Skip to main content

7 MAKANAN SEHAT MENURUNKAN DARAH TINGGI


Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi yang dapat disebabkan oleh penyempitan pembuluh sehingga dapat menimbulkan timbunan lemak dan zat-zat lainnya.

Kondisi naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam waktu yang cukup lama ini dinamakan hipertensi, dan resikonya  dapat meningkatkan penyakit stroke, gagal ginjal, diabetes bahkan jantung.

Ada berbagai cara alami yang dapat digunakan selain mengunakan obat-obatan, jadi sebaiknya Anda harus berhati-hati dengan penyakit ini karena hipertensi adalah penyakit yang dapat menyebabkan kematian nomor 1 didunia setiap tahunnya.

Mari Langsung saja simak 7 makanan sehat menurunkan darah tinggi antara lain :

1. JUS SELEDRI

Riset sudah membuktikan lho, bahwa jika mengkonsumsi jus seledri secara rutin dan teratur dapat menurunkan hipertensi, hal tersebut dikarenakan oleh tingginya kalium, mineral dan juga antioksidan yang ada dalam seledri.

2. BAWANG PUTIH

Nah disini juga bila Anda rajin mengkonsumsi bawang putih dapat pula menurunkan darah tinggi, karena senyawa alisin yang ada pada bawang putih berguna untuk melebarkan serta mencegah pembekuaan darah, kemampuan dari bawang putih itu sendiri mampu menghancurkan lemak dan menurunkan kandungan kolesterol yang membandel.

3. BUAH SEMANGKA

Asam amino pada buah semangka bernama citrulline bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi, dan juga dapat memproduksi nitric oxide yaitu gas yang melancarkan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas dalam arteri.

4. OATMEAL

Sarapan pagi dengan mengkonsumsi oatmel juga sangat baik untuk menghasilkan energi dan sangat  berkhasiat menurunkan tekanan darah karena kandungannya yang rendah natrium, rendah lemak dan berseran tinggi.

5. COKELAT

Ini adalah makanan yang pasti Anda sukai, karena rasanya yang manis dan dapat menenangkan sehingga dapat menurunkan hipertensi. Tapi makanlah cokelat dengan porsi yang sedikit saja yah, karena jika mengkonsumsi dengan porsi banyak mungkin tidak akan membantu kinerja jantung.

6. BUAH KIWI

Buah kiwi juga memiliki manfaat yang sama lho, hanya dengan mengkonsumsi 1 buah kiwi setiap harinya maka akan mengurangi tekanan darah, ini diduga karena zat bioaktifnya dapat menyebabkan penurunan tekanan darah.

7. BUAH BERI

Polifenol yang melimpah dalam buah beri dapat membantu menurunkan tekanan darah dan resiko keseluruhan penyakit jantung lho, senyawa polifenol  alami sangat baik untuk jantung Anda.

Nah itulah beberapa makanan sehat yang dapat menurunkan darah tinggi atau hipertensi Anda, jadi konsumsilah secara rutin untuk membantu menurunkan darah tinggi Anda, namun bila darah tinggi belum turun juga, sebaiknya segeralah periksakan kondisi Anda ke dokter.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar