Skip to main content

7 MAKANAN PENAMBAH ASI IBU MENYUSUI


Kebahagian seorang ibu adalah bisa memberikan ASI yang terbaik untuk anaknya, namun jika ASI susah keluarnya dan hanya sedikit itu sangat membuat ibu mejadi cemas dan sedih.

Air susu ibu atau yang biasa disebut ASI mengandung semua nutrisi utama yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi baru lahir. Sebab itu untuk Ibu menyusui sangat penting untuk mengkonsumsi makanan penambah ASI.

Berbagai banyak pilihan 7 makanan penambah ASI ibu menyusui antara lain :

1. WORTEL

Buah wortel mempunyai banyak sekali kandungan dan manfaat dalam laktasi, minumlah jus wortel saat sarapan atau makan siang.

Wortel mengandung vitamin A yang dapat melengkapi laktasi dan meningkatkan kualitas susu ibu. Dan tidak hanya di jus, ibu juga dapat memakan wortel mentah, dikukus ataupun dimasak menjadi sup.

2. SUSU SAPI MURNI

Ibu harus rutin meminum susu sapi murni karena susu sapi mengandung kalsium dan EFA yang dapat meningkatkan laktasi.

Dengan meminum susu sapi murni dua hingga tiga gelas , ibu dapat membantu bayi terhindar dari alergi terhadap susu sapi.

3. SAYUR BAYAM

Didalam sayur bayam terdapat kandungan yang kaya akan zat besi, asam folat dan kalsium yang dapat memperlancar ASI.

Selain sayur bayam, buah bit pun dapat ibu konsumsi karena buah bit juga memiliki kandungan yang sama seperti sayur bayam.


Manfaat kedua makanan tersebut dapat membuat bayi ibu kuat, dan dapat mengembalikan ibu yang menderita anemia. Hal yang paling penting, konsumsilah sayur bayam dalam porsi yang sedang, karena jika berlebih dapat membuat bayi ibu mencret.

4. OATMEL

Oatmel adalah makanan yang mudah disajikan dan makanan ini mengandung serat dan baik untuk percernaan, selain itu oatmel dapat mengendalikan diabetes selama pasca kehamilan.

5. PEPAYA

Konsumsilah pepaya muda untuk memperlancar ASI ibu, karena pepaya muda telah digunakan sebagai obat penenang alami yang dapat membuat ibu menjadi rileks dan juga dapat memberikan makanan pada bayi lebih baik.

6. DAUN KATUK

Nah ibu pasti sudah tau manfaat daun katuk ini, karena daun ini dari jaman dulu sudah sering digunakan untuk ibu menyusui.

Daun katuk mengandung banyak sekali protein yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI, jadi ibu disarankan untuk mengkonsumsi daun ini.

7. AIR 

Minumlah segelah air sebelum ibu menyusui, karena dapat mencegah dehidrasi dan mengganti cairan yang hilang selama menyusui.

Selain air, ibu juga dapat mengkonsumsi jus karena kedua minuman ini dapat meningkatkan laktasi dan meningkatkan produksi ASI secara alami.

Ibu menyusui di wajibkan memakan makanan tersebut diatas jika ingin menyusui sang bayi hingga maksimal.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar