Skip to main content

7 HAL YANG MEMBUAT LAPAR BERLEBIHAN


Jika tubuh kehilangan  atau kehabisan energi, maka Kita akan merasa lapar dan membuat Kita menjadi bernafsu untuk makan hingga kenyang. Dan sebenarnya lapar adalah hal yang wajar dan sudah pasti dialami oleh semua Orang.

Rasa lapar akan muncul kembali setelah 5-6 jam kemudian, dan lapar yang berlebihan akan membuat Anda sulit untuk mengendalikan makanan yang masuk didalam tubuh sehingga dapat memicu obesitas.

Berikut 7 hal yang membuat lapar berlebihan :

1. OLAHRAGA BERLEBIHAN

Jika Anda melakukan olah raga terlalu berlebihan akan membuat Anda lebih cepat kehabisan banyak energi, sehingga walaupun Anda sudah makan sekalipun dalam hitungan jam saja lapar akan datang kembali dan Anda pasti akan makan banyak untuk memenuhi energi yang hilang tersebut.

2. KURANG MINUM AIR 

Rasa lapar dalam tubuh tidak melulu disebabkan karena kurangnya nutrisi atau kurangnya energi didalam tubuh, namun jika Anda mengalami dehidrasi rasa laparpun akan muncul dengan sendirinya.

Jika Anda merasa lapar, lalu Anda minum segelas air putih pasti Anda tiba-tiba merasa menjadi kenyang?? Nah disini sebisa mungkin Anda harus minum air minim 8 gelas perhari.

3. KURANG  MAKAN BUAH DAN SAYUR

Selain mengandung mineral dan vitamin, buah dan sayur juga kaya akan serat yang dapat membuat Anda menjadi kenyang lebih lama.

Dan orang yang suka makan buah dan sayur dapat mengendalikan nafsu makan dan mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

4. BANYAK MINUM KOPI DAN KONSUMSI GULA

Kafein yang berlebihan dapat membuat gelisah, stress dan juga merangsang keinginan tubuh Anda untuk kalori yang lebih tinggi sehingga tubuh membutuhkan asupan makanan yang kaya akan karbohidrat.

Dan jika terlalu banyak mengkonsumsi gula, maka otak akan semakin menagih untuk terus mengunyah makanan, karena rasa manis dapat menimbun kelebihan kalori dan menjadi sering laparsehingga dapat menambah nafsu makan.

5. TERLALU STRESS

Ketika Anda sedang mengalami tegang, maka akan meningkatkan produksi hormon stress adrenalin dan kortisol yang dapat membuat Anda berpikir dan membutuhkan energi.

Kadar seretonin kimia otak akibat stress dapat menurun, sehingga membuat Anda menjadi lapar berlebihan.

6. KURANG TIDUR

Orang membutuhkan 7-9 jam untuk tidur setiap harinya, jika Anda tidur dengan cukup maka dapat menekan hormon yang memicu rasa lapar yang berlebihan. Jadi aturlah pola tidur Anda agar rasa laparpun bisa hilang.

7. PROTEIN TIDAK TERCUKUPI

Tubuh membutuhkan protein yang cukup, tanpa itu maka tubuh tidak akan mendapatkan cukup energi. Jika protein sudah tercukupi maka akan memberikan rasa kenyang yang lama.

Demikianlah hal-hal yang perlu Anda ketahui, jika Anda ingin diet maka hindarilah 7 hal diatas yang dapat membuat lapar berlebihan.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar