Skip to main content

7 CIRI MASA SUBUR WANITA YANG HARUS DIKETAHUI AGAR CEPAT HAMIL!!!


Pada dasarnya, kehamilan adalah hal yang didambakan bagi wanita yang sudah menikah, terutama bagi wanita yang sangat berharap mempunyai anak.

Anda dapat mengetahui masa subur Anda dengan melihat pada kalender siklus haid atau dengan mengetahui ciri masa subur wanita. Dengan begitu akan mempermudah Anda untuk segera hamil.

Siklus masa subur dapat dihitung sejak hari pertama Anda menstruasi, dan rata-rata bagi wanita mengalami ovulasi antara hari ke 11 hingga hari ke 21 dari siklusnya. Hari- hari diantara itulah disebut dengan masa subur, dan umumnya masa subur dimulai sejak 5 hari sebelum ovulasi.

Berikut 7 ciri masa subur wanita yang harus diketahui agar cepat hamil :

1. PERUT BAGIAN BAWAH TERASA NYERI

Ketika telur keluar dari ovarium menuju ke tempat dimana telur untuk dibuahi pasti perut bagian bawah akan terasa nyeri, dan umumnya terjadi pada salah satu sisi perut.

Namun jika sakit yang Anda rasakan terlalu berlebihan, sebaiknya periksakanlah ke dokter karena kondisi ini bisa menandakan defisiensi progesteron, atau PCOS, dan kelebihan estrogen. Bisa juga Anda tidak merasakan nyeri sama sekali lho.

2. BERCAK KECOKELATAN

Ada beberapa wanita yang mengalami pendarahan ringan ketika sel telur matang melewati folikel yang pecah, dan mungkin juga terjadi akibat penurunan kadar estrogen atau karena lapisan rahim sedikit menurun.

3. PERUT KEMBUNG

Ciri ini pun juga biasanya dialami oleh kebanyakan wanita yang sedang mengalami masa subur, hal ini dikarenakan peningkatan estrogen selama ovulasi menyebabkan retensi air dalam tubuh yang menyebabkan perut menjadi kembung.

4. MUAL DAN SAKIT KEPALA

Gejala ini umumnya jarang sekali terjadi dan biasanya pun terjadi pada wanita yang hormonnya kurang seimbang, sehingga akan membuat sebagian wanita merasa mual.

Selain itu, sakit kepala juga merupakan ciri tanda masa subur, namun  juga jarang terjadi, terutama pada wanita dengan keseimbangan hormon yang baik.

5. LIBIDO DAN LENDIR SERVIKS MENINGKAT

Meningkatnya libido dapat dikaitkan dengan estrogen dan testosteron, selain hasrat yang meningkat, wanita juga akan terlihat lebih menggairahkan pada masa suburnya. Namun banyak juga karena faktor stress, cemas, dan depresi juga dapat membuat wanita tidak bergairah walaupun pada masa suburnya.

Umumnya selama masa subur maka lendir serviks akan bertekstur bening menyerupai putih telur, dan berlangsung selama 5 hari dan dapat berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Dan ini adalah salah satu ciri yang paling akurat dan paling mudah dikenali.

6. BERUBAHNYA SUHU BASAL TUBUH

Suhu tubuh pada saat Anda bangun tidur dan belum mulai beraktifitas dinamakan suhu basal tubuh. Setelah ovulasi terjadi, maka kadar progesterron dalam tubuh akan naik dan ini menyebabkan suhu tubuh pun menjadi naik.

7. PAYUDARA AKAN TERASA NYERI

Sebenarnya tidak semua wanita mengalami ciri ini, namun jika Anda termasuk salah satu wanita yang memiliki ciri ini hal itu disebabkan meningkatnya kadar hormon progesteron sebagai tanda ovulasi.

Itulah ciri-ciri masa subur wanita yang harus Anda ketahui, agar proses menuju kehamilan akan segera Anda dapatkan.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar