Skip to main content

6 MAMFAAT JENGKOL BAGI KESEHATAN TUBUH


Bau... itulah kata pertama yang terpikirkan ketika ada yang menyebut kata jengkol!! banyak yang tidak menyukai makann ini karena baunya yang menyengat apalagi ketika sedang buang air kecil dan buang air besar, kamar mandi akan bau pula dengan aroma jengkol.

Namun sebagian orang juga banyak yang menyukai makanan ini, apalagi jika di buat semur jengkol, di jadikan rendang jengkol, dan di buat jengkol balado, rasanya sangat nikmat, apalagi jika di makan sama nasi panas.

Selain untuk makanan, jengkol bermanfaat bagi kesehatan tubuh!!!  yuk Kita simak 6 manfaat apa saja dari jengkol :

1. MEMPERKUAT TULANG AGAR TIDAK MUDAH RAPUH

Jika Anda mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup, dapat membuat tulang di tubuh Anda menjadi kuat karena kandungan dalam jengkol seperti kalsium dan fosfor, nah kedua kandungan inilah yang dapat mencegah osteoporosis.

2. MENCEGAH PENYAKIT DIABETES

Zat asam jengkolat yang terdapat dalam jengkol dapat mencegah timbulnya pernyakit diabetes,  zat tersebut tidak ditemukan pada bahan makanan lainnya.

Namun untuk orang yang sudah terkena penyakit ginjal,sebaiknya jangan memakan jengkol, karena asam jengkolat membentuk kristal yang tidak dapat larut dalam lair karena ginjal dapat menyaring asam jengkolat yang sulit memberhentikan buang air kecil.

3. DAPAT MEMBENTUK JARINGAN TUBUH

Protein dalam kacang kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau masih kalah di bandingkan protein di dalam jengkol, tingginya protein tersebutlah yang dapat membantu membentuk jaringan tubuh.

4. MENCEGAH ANEMIA

Saat yang tepat untuk mengkonsumsi jengkol untuk para wanita adalah pada  saat mesntruasi, karena ketika Anda kekurangan darah, maka zat besi dalam tubuh akan berkurang dan akan menyebabkan anemia.

Disinilah fungsi jengkol untuk menanbah zat besi dalam tubuh Anda, karena jengkol kaya akan zat besinya.

5. MELANCARKAN BAB

Denga menkonsumsi jengkol yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat melancarkan BAB, sehingga dengan lancarnya sistem pencernaan, maka akan membuat perut Andapun bisa lebih kecil dan tidak buncit.

6. MENCEGAH MAAG

Bila Anda mempunyai penyakit maag berarti Anda mempunyai masalah dengan lambung, Jika Anda mengkonsumsi jengkol , maka Anda akan terhindar dari penyakit tersebut dan dipastikan lambung Anda tidak akan bermasalah.

Namun berhati hatilah jika Anda penggemar jengkol, Anda harus berhati- hati karena ada beberapa zat yang jika di konsumsi terlalu banyak akan membuat seseorang mengalami gagal ginjal.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar