Skip to main content

6 DAHSYATNYA BUAH CIPLUKAN YANG WAJIB DIKETAHUI

Tanaman buah ciplukan sering di anggap hama oleh kebanyakan orang, karena tanaman ini dianggap tanaman liar dan sering dibasmi karena di anggap mengganggu.

Tanaman ini banyak ditemui di bawah pohon rindang, dipinggir sawah dan tumbuh liar di kebun. Buah ciplukan berbentuk mungil, bulat dan terbungkus kulit tipis seperti lampion.

Tidak ada yang menyangkan bahwa tanaman ini ternyata mempunyai berbagai macam khasiat yang mampu menyehatkan tubuh lho.

Berikut 6 dahsyatnya buah ciplukan yang wajib diketahui :

1. MENGOBATI PENYAKIT KUNING

Tingginya kadar zat bilirubin dalam darah dapat menyebabkan penyakit kuning yaitu penyakit yang menyebabkan warna kulit menjadi kuning.

Nah kandungan senyawa yang terdapat pada buah ciplukan ini seperti flavonoid, saponin, polifenol dan fisalin ini lah yang dapat mengobati penyakit kuning tersebut.

2. MENGOBATI EPILEPSI

Gejala epilepsi bisa disebabkan oleh faktor genetik atau cedera otak akibat trauma, faktor genetik dapat terlihat sejak usia dini.

Penyakit epilepsi sendiri terjadi karena terganggunya aktifitas sel saraf otak sehingga dapat menyebabkan penderita mengalami kejang.

Sebagai pendamping untuk mengobati epilepsi tersebut, Anda bisa mangandalkan buah ciplukan sebagai terapi epilepsi dan cukup mengkonsumsi 10 buah perhari untuk menurunkan gejala epilepsi.

3. MENGOBATI INFEKSI KULIT

Daun ciplukan dapat mengobati infeksi kulit atau biasa disebut borok, nah kandungan dari tanaman ini memiliki sifat antiinflamasi yang mampu mengobati borok tersebut.

Oleskan pada borok tersebut dengan daun ciplukan yang sudah di tumbuk halus, diamkan beberapa menit hingga meresap kedalam kulit lalu bilas dengan air bersih. Selain untuk borok, dapat juga digunakan pula untuk menyembuhkan bisul dengan cara yang sama.

4. OBAT PENAMBAH DARAH

Jika Anda mengalami pusing, mual, sesak nafas, dan detak jantung berdetak kencang kemungkinan itu adalah gejala anemia.

Minumlah rebusan daun ciplukan karena dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga gelaja anemia dapat teratasi.

5. MENURUNKAN KOLESTEROL

Hipertensi dan penyakit jantung sering terjadi dikarenakan kadar kolesterol dalam darah tinggi, oleh sebab itu, dianjurkan untuk menjaga asupan makanan dan memperbanyak olahraga agar kadar kolesterol dalam darah tidak meningkat.

Dsinilah peran buah ciplukan sangat penting karena kandungan asam linoleat dan asam oleatnya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik.

6. MENGOBATI KANKER PAYUDARA

Riset sudah membuktikan bahwa fakta daun ciplukan memiliki efek sitotoksik yang dapat menginduksi kematian pada sel kanker payudara. Dengan begitu tanaman ini dapat dijadikan obat herbal yang aman dan sangat efektif.

Namun jika Anda sedang mengalami sakit yang serius, lebih baik Anda mnegkonsultasikannya ke dokter terlebih dahulu agar sakit yang Anda alami lebih cepat di atasi.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar