Skip to main content

6 CIRI-CIRI HAMIL MUDA

Banyak para wanita tidak mengenal ciri-ciri hamil muda, karena ciri-ciri datangnya mesntruasi hampir sama dengan halnya hamil muda.

Anda harus menandai awal kehamilan yang sangat dinantikan oleh semua pasanganan yang sudah menikah dan tentunya Anda juga harus mengerti ciri-ciri hamil muda agar Anda siap untuk menerima datangnya kehamilan itu.

Namun perlu Anda ketahui, terlambatnya mesntruasi belum tentu juga disebabkan oleh hamil muda, bisa juga karena stress, pola makan, terlalu lelah dan bisa juga karena adanya gangguan hormonal.

Yuk Kita pelajari 6 ciri-ciri hamil muda :

1. MUAL DAN MUNTAH

Nah ini ciri umum yang biasa dirasakan saat hamil muda, rasa mual dan muntah tersebut biasanya paling sering dirasakan dipagi hari.

Munculnya rasa mual tersebut biasanya terjadi 2-8 minngu setelah terjadinya pembuahan, dari trimester pertama sampai mereda seriring bertumbuhnya usia kehamilan, dan banyak juga yang mengalami mual dan muntah sepanjang kehamilan lho.

2. MUNCUL FLEK

Bercak darah atau flek biasanya muncul 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi, dan itu disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim, dan terkadang banyak pula yang salah mengartikan bahwa munculnya flek sebagai menstruasi.

Biasanya saat flek terjadi akan diikuti oleh kram perut yang menjadi ciri hamil muda sampai trimester kedua. Namun begitu jika tidak terjadi flek dan kram perut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena masih ada kemungkinan Anda hamil.

3. PUSING DAN GAMPANG LELAH

Rasa pusing yang dialami oleh ibu hamil dikarenakan tekanan darah yang rendah, mual, lelah dan lapar. Dan ibu hamil mudah sekali emosional karena disebabkan depresi, tegang dan diperkirakan 50% volume dalam darah meningkat selama kehamilan.

Tanda awal hamil muda dapat membuat tubuh menjadi gampang lelah, dan meningkatnya kadar progeresteron pada ibu hamil dapat membuat ibu hamil menjadi lebih mudah mengantuk, jadi Anda harus mengatur pola tidur Anda.

4. PERUBAHAN PAYUDARA

Bentuk payudara akan semakin membesar, hal itu dikarenakan meningkatnya produksi esterogen dan progesteron, ini adalah ciri pertama di awal hamil muda.

Selain membesar, payudara juga akan terasa sakit dan nyeri sehingga menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi. Selain itu, puting susu juga akan ikut membesar dan warnanya pun menjadi gelap dan terasa gatal.

5.HIDUNG BERDARAH DAN SEMBELIT

Hamil muda dapat meningkatan volume darah, dan memberi tekanan lebih pada pembuluh darah halus yang ada pada hidung sehingga dapat membuat hidung berdarah.

Dan dikarenakan hamil muda, dapat membuat terjadinya perubahan hormon yang dapat menghambat sistem pencernaan yang membuat sembelit itu terjadi.

6. PERUBAHAN SUASANA HATI DAN SELERA MAKAN

Suasana hati pada ibu hamil biasanya dipengaruhi oleh tingkat esterogen dan progesteron dalam tubuh, sehingga dapat membuat Anda gampang emosional dari biasanya, dan setiap wanita memiliki perubahan susana hati yang berbeda-beda.

Begitu pula selera makan, terkadang makanan yang tidak suka sekalipun akan menjadi makanan yang paling Anda inginkan, jadi para Suami tidak perlu heran dan kaget dengan selera makan istri yang berubah.

Jika Anda menemui ciri-ciri tersebut diatas, dan bila Anda tidak mengalami ciri-ciri tersebut jangan khawatir karena ciri ibu hamil berbeda-beda, jadi segeralah periksakan ke dokter kandungan agar Anda mengetahui lebih pasti apa kehamilan itu terjadi pada diri Anda.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar