Skip to main content

5 TIPS MERAWAT GIGI BERKAWAT


Kawat gigi atau biasa di sebut behel, dapat membuat impian Anda untuk memiliki gigi yang indah dan rapi. Tidak hanya itu, banyak juga yang menggunakan behel sebagai fashion agar senyum terlihat oke.

Namun fungsi dari kawat gigi itu sendiri adalah untuk merestorasi gigi yang tidak rata, gigi maju, atau gigi berjarak sehingga dapat menjadi ideal dan terlihat cantik dan tertata.

Yuk Kita ikuti 5 tips merawat gigi berkawat :

1. MENGGUNAKAN SIKAt GIGI KHUSUS

Anda harus rajin membersihkan kawat gigi, agar tidak terjadi plak yang disebabkan penumpukan sisa makanan di gigi mau pun disela- sela behel.

Gosoklah gigi Anda secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi khusus dan pasta gigi berflouride agar dapat mencegah gigi kropos dan dapat mencerahkan gigi Anda.

2. MENGGUNAKAN GARAM DAN OBAT KUMUR

Pertama kali Anda menggunakan kawat gigi, pasti rasa nyeri akan menyerang daerah gigi Anda dikarenakan gigi belum bisa beradaptasi dengan tekanan yang diberikan oleh kawat gigi.

Tips ini adalah tips yang ampuh untuk diterapkan jika rasa nyeri itu datang, berkumurlah dengan segelas air garam secara rutin minimal 2x sehari.

Nah jika Anda berkumur dengan obat kumur, ini biasa diterapkan untuk Anda yang sudah lama menggunakan behel yang efektif membantu melawan kuman dan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

3. RUTIN KONTROL GIGI

Rajinlah mengontrol gigi Anda secara rutin, karena disinilah perkembangan gigi Anda dapat dilihat, sekalian juga penggantian kawat dan karet harus di ganti agar tetap higienis.

4. JAUHI MINUMAN BERSODA DAN MAKANAN KERAS

Kandungan soda pada minuman, berpotensi menyebabkan plak pada gigi dan kerusakan pada kawat gigi Anda akibat rekasi soda dengan besi kawat.

Jika Anda mengkonsumsi makanan keras, itu dapat merusak kawat gigi Anda dan sisa makanannya dapat menempel di gigi dan disela- sela kawat gigi. Kalaupun Anda ingin memakannya, Anda harus berhati-hati dan segeralah menggosok gigi Anda agar sisa makanan yang menempel dapat segera hilang dan kuman tidak berkembang.

5. MENGGUNAKAN RETAINER

Nah ini adalah tips terakhir setelah Anda melepas behel, Anda harus menggunakan retainer selama 1-2 tahun agar gigi Anda tidak kembali seperti saat Anda belum menggunakan behel.

Dokter Anda pasti menganjurkan untuk menggunakannya, karena tips ini adalah cara merawat gigi pasca melepas kawat gigi agar gigi tetap terlihat cantik dan rapi.

Nah itu dia tips merawat gigi berkawat, behel akan terlihat bersih dan tidak menguning dan gigi akan terliha rapi dan cantik, jika Anda menerapkan tips tersebut diatas dengan terapkanlah dengan  rutin yah guys.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar