Skip to main content

5 SENAM SEDERHANA UNTUK IBU HAMIL

Untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil, salah satunya adalah melakukan gerakan senam hamil. Anda dapat melakukan senam hamil di rumah sakit atau dilakukan dirumah sendiri dengan dipandu instruktur senam.

Dengan melakukan senam hamil, itu sangat bermanfaat sekali untuk mempersiapkan tubuh ibu hingga masa persalinan, dan juga mengurangi rasa sakit di daerah tubuh tertentu selama masa kehamilan.

Mari ikutilah 5 senam sederhana untuk ibu hamil :

1. JALAN KAKI

Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan berjalan kaki, lakukanlah senam sederhana ini secara rutin karena dapat mengurangi waktu persalinan dan dapat membantu posisi bayi agar masuk ke jalur lahir.

2. SENAM KEGEL

Senam ini sangat mudah dilakukan dan dapat Anda lakukan dimana saja, lakukan gerakan seperti menahan kencing agar kontraksi otot saluran kencing dan vagina dapat menguatkan otot-otot panggul dan dapat memudahkan proses melahirkan.

Gerakan ini dapat Anda lakukan sesering mungkin karena dengan begitu dapat melatih otot kandung kemih, rektum,rahim dan sekitar uretra dan sangat bermanfaat untuk mengurangi ambeien dan dapat mengencangkan vagina.

3. DUDUK BERSILA

Jika Anda pernah senam yoga, nah gerakan ini hampir menyerupai senam yoga. Senam sederhana ini berguna untuk mengencangkan otot dan sekaligus berguna untuk mencegah stress selama masa kehamilan.

Duduklah bersila, tarik kedua tangan kedepan dada, tarik dan hembuskan nafas secara berulang, lakukanlah dengan gerakan lain dengan  mengangkat tangan keatas kepala sambil menarik nafas perlahan dan turunkan tangan sambil menghembuskan nafas secara perlahan juga.

4. MERANGKAK

Ambilah posisi dengan merangkak, arahkan pandangan Anda kearah depan dengan kepala dan punggung diangkat, tariklah nafas Anda dengan melengkungkan punggung kearah dalam lalu luruskan kembali punggung ke posisi semula sambil menarik nafas perlahan.

Lakukanlah gerakan ini secara berulang karena dapat mengencangkan otot bagian bawah dan membantu proses melahirkan berjalan dengan normal dan dengan mudah.

5. BERJONGKOK

Mulailah dengan posisi berdiri tegak, lalu turunkan badan secara perlahan hingga posisi punggung tegak lurus, bernafaslah secara  normal dan tahan posisi ini selama  7 detik, lalu kembali ke posisi berdiri secara perlahan.

Anda dapat mengulangi senam sederhana ini beberapa kali sehari agar memperoleh hasil yang maksimal, karena dapat memperkuat otot didaerah pinggul dan paha, sehingga mempermudah proses persalinan.

Namun jika Anda masih ragu dan takut untuk melakukan senam sederhana tersebut diatas, lebih baik Anda dipandu oleh dokter atau instrukstur senam hamil.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar