Skip to main content

11 MANFAAT DAUN SIRIH DAN CARA MENGOLAHNYA


Daun sirih adalah tanaman yang mengandung banyak air sehingga daun sirih rendak lemak dan kalori. Daun sirih juga mempunyai kemampuan membunuh bakteri dan jamur serta sebagai antioksidan.

Hal yang terpenting adalah hindari rebusan daun sirih untuk membersihkan mata,apalagi jika dalam proses perebusannya tidak terjaga kebersihannya, dimana hal tersebut dapat membuat terjadinya infeksi mata.

Berikut 11 manfaat daun sirih dan cara mengolahnya :

1.  MENGOBATI BATUK

Siapkan 5-7 lembar daun sirih kemudian rebus dengan air selama 20 menit,ingat yah sahabat anima belajar rebusnya dengan 300 ml air,minum rebusan airnya 2x sehari.

2. MENGHENTIKAN MIMISAN

Gunakan daun sirih yang sudah layu,masukkan ke dalam hidung yang mimisan untuk menyumbat pendarahan.

3. SEBAGAI OBAT DIARE

3-6 daun sirih yang sudah di tumbuk halus di tambah 1 sendok minyak kelapa dan 5 biji lada,lalu oleskan pada perut sampai mengering.

4. MENGHILANGKAN GATAL-GATAL

Cukup 6-7 lembar daun sirih ditambah 1 sendok minyak kayu putih dan jahe yang di tumbuk sampai harus untuk di oleskan pada area yang gatal.

5. MENGHILANGKAN BAU BADAN DAN KERINGAT BERLEBIH

Rebuslah 15 lembar daun sirih  dan 1 sendok teh garam didalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja,minumlah 2x sehari. dan oleskan 2 lembar daun sirih yang telar di tumbuk pada area ketiak.

6. OBAT GUSI BERDARAH DAN MENGHILANGKAN KUMAN DARI MULUT

Dengan 4 gelas air dan 10 lembar daun sirih merah,rebuslah sampai mendidih,lalu gunakan rebusan air tersebut selesai makan paling tidak 3x sehari.

7. MENGATASI KEPUTIHAN

Dinginkan rebusan daun sirih merah yang di campur 250 ml air,setelah itu saring airnyan dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

8. MENGOBATI ASMA

Minumlah rebusan daun sirih yang telah di rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas air saja, minum rebusan tersebut secara rutin 3 gelas sehari.

9. MENYEMBUHKAN LUKA

Anda hanya perlu mengoleskan daun sirih pada luka dan setelah itu dapat di bungkus dengan perban,luka akan segera sembuh dalam 2 hari saja.

10. MELANCARKAN KENCING

Tumbuklah 6 lembar daun sirih merah,campurkan dengan segelas air susu dan 2 sendok madu,aduk hingga rata lalu minumlah seminggu sekali.

11. MENURUNKAN DEPRESI

Salah satu penelitian melaporkan bahwa mengunyah daun sirih atau meminum rebusan air daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak.

Jadi kunyahlah daun sirih setiap hari atau rebuslah daun sirih untuk di minum.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar