Skip to main content

MENGUBAH WARNA DENGAN HUE/SATURATION


1. Pilih menu Image > Adjustment > Hue/Saturation atau tekan CTRL+U

MENGUBAH WARNA DENGAN HUE/SATURATION

2. Kotak dialog Hue/Saturation akan muncul

MENGUBAH WARNA DENGAN HUE/SATURATION

Perintah Hue/Saturation adalah perintah yang tidak hanya bisa mengoreksi warna tetapi bisa digunakan pula untuk memanipulasi warna sebuah foto. 

Kemampuannya cukup besar. Disini tidak hanya bisa mengubah jenis warna (Hue) dan intensitas warna (Saturation), Kita juga bisa bermain-main pada setiap channel warna sehingga manipulasi warna bisa dilakukan lebih jauh lagi.

Pada bagian bawah kotak dialog ini terdapat dua buah spectrum warna. Spektrum warna pertama (atas) adalah spectrum warna asli,sementara yang kedua (bawah) adalah spectrum warna yang telah dipetakan (diubah).

HUE
Hue adalah jenis-jenis warna seperti merah,biru,kuning,hijau,dan sebagainya. Mengubah hue berarti mengubah kesulurahan tonal warna  tersebut.

MENGUBAH WARNA DENGAN HUE/SATURATION

SATURATION
Saturation atau saturasi adalah intensitas dari sebuah warna,seperti misalna warna merah bisa memiliki saturasi mulai dari merah terang,merah gelap,dan sebagainya.
MENGUBAH WARNA DENGAN HUE/SATURATION

MENGUBAH  HUE
Dibawah ini kita akan mengubahhue (warna) pada foto secara keseluruhan.

1. Pada slider Hue, klik dan tahan tombol mouse anda.

MENGUBAH WARNA DENGAN HUE/SATURATION

2. Geserlah ke kiri untuk mengubah hue atau warna keseluruhan pada foto. Kita bisa terus menggeser hingga ke pojok kiri untuk mengubah warna.

3. Geserlah slider Hue ke kanan dan perhatikan warna-warna pada foto akan berubah total.

4. Geserlah slider Hue ke kiri atau ke kanan untuk mendapatkan efek warna yang di inginkan.

MENGUBAH WARNA DENGAN HUE/SATURATION

Perhatikan pada bagian bawah kotak dialog Hue/Saturation, spectrum warna yang kedua (paling bawah) akan ikut berubah saat kita menggeser slider Hue. Spektrum warna ini menggambarkan warna-warna yang telah dipetakan (digeser) dari warna asli.

Kita bisa membandingkannya dengan spectrum warna asli yang terdapat diatasnya.

MENGUBAH  SATURATION
Sekarang kita akan mengubah saturation atau saturasi wana (tingkat intensitas warna) pada sebuah foto.

1. Pada slider Saturation,klik dan tahan tombol mouse.

2. Geserlah slider ini ke kiri untuk mengurangi tingkat intensitas warna.
Perhatikan, warna menjadi lebih rendah atau turun saturasinya.

3. Jika kita menggeser slider saturation terus hingga ke pojok kiri (hingga mencapai nilai -100), foto kita akan berubah menjadi hitam-putih.

MENGUBAH WARNA DENGAN HUE/SATURATION

Cara ini bisa kita pakai untuk mengubah foto berwarna menjadi hitam-putih,tetapi untuk membuat foto hitam-putih lebih maksimal lagi pakai BLACK & WHITE.

4. Geserlah slider saturation ke arah kanan untuk menambah tingkat saturasi warna.Namun perlu diperhatikan,apabila kita menggeser terlalu banyak,kadang saturasi warna dapat menjadi terlalu tinggi dan membuat foto tampak tidak alami.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar