Skip to main content

Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer #BAGIAN I

Berikut Anima Belajar Membagikan Daftar Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer  yang sering kita temui pada saat mengoperasikan Sistem Operasi Windows 10 ataupun perangkat komputer,laptop yang kita miliki..

Daftar Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer  ini merupakan BAGIAN I dari Artikel ini...

32-Bit Operating system dan program yang bekerja dengan sistem angka binari sampai maksimal 32 digits atau kira-kira 65,535 karakter.

64-Bit
Operating system dan program yang bekerja dengan sistem angka binari sampai maksimal 64 digit sehingga secara teknis dianggap memiliki performa lebih cepat dan mampu menangani tugas yang lebih berat.

Action Center
fitur di dalam Windows 10 yang berfungsi untuk nyampaikan informasi atau pesan berkaitan ngan system dan troubleshooting. Action Center dikenali dengan hadirnya bendera berwarna putih yang ada di sisi kanan pada taskbar.

Administrator
Salah satu tingkatan user account yang memiliki otoritas paling tinggi sehingga dapat mengubah sistem pada Windows 10, termasuk menciptakan dan menghapus user account lain.

ADSL
(Asymmetric Digital Subscriber Line) merupakan salah satu jenis jaringan internet broadband yang identik dengan jaringan telepon. Di Indonesia, layanan ADSL yang paling luas jangkauannya dilayani oleh PT Telkom.

ALT KEY
Tombol yang ada di kiri serta kanan tombol space bar yang sebenarnya tidak memiliki fungsi apa pun kecuali jika Anda menggabungkannya dengan penekanan tombol lain.

Antivirus
Merujuk pada software penangkal dan pendeteksi virus baik yang sudah ada di dalam komputer maupun yang berpotensi menyerang dan menyelinap ke dalam komputer Anda.

App
Merujuk pada application, yaitu software yang kita gunakan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Contohnya MS Office, Adobe Photoshop, dan seterusnya.

Backup
Salinan file-file, baik program maupun data pekerjaan, yang kita letakkan di tempat lain sebagai cadangan bilamana terjadi kerusakan pada file utama yang kita miliki.

Bandwidth
Ukuran untuk menentukan jumlah maksimum data yang bisa ditransfer melalui jaringan internet pada waktu tertentu.

Beta
Program yang sedang dalam masa uji coba. Biasanya, yang melakukan uji coba adalah orang-orang yang sudah diseleksi terlebih dulu dengan tujuan mendapatkan input atau masukkan dari para penguji tentang kelemahan sistem yang ada di dalam program itu.

BIOS
(Basic Input Output System) yang mengontrol fungsifungsi dasar sebuah komputer, terutama motherboard.

BitLocker
Fitur yang ada di dalam Windows 10 untuk melakukan enskripsi (pengkodean) terhadap partisi harddisk.

Bitmap
Citra digital yang disusun oleh pixel-pixel. Salah satu jenis bitmap antara lain foto digital.

Blog
Artikel, catatan, buku harian, atau tulisan lain yang dibuat dan didistribusikan lewat jaringan internet. Si pembuat blog disebut dengan istilah Blogger.

Blu-Ray Disc
Kepingan atau cakram optik yang memiliki kapasitas sangat besar. Blu-Ray merupakan generasi baru setelah DVD. Karena memiliki ukuran yang besar, Blu-Ray sering dipakai untuk menyimpan film-film High Definition dengan tampilan yang sangat tajam.

BSOD
(Blue Screen of Death) merupakan istilah untuk merujuk pada tampilan di dalam layar monitor ketika sistem Windows mengalami masalah serius.

Bluetooth
Teknologi yang menggunakan sistem transmisi radio untuk melakukan transfer data atau mengontrol perangkat keras yang mendukung penggunaan Bluetooth mulai dari ponsel, printer, sampai mesin cuci.

Boot
Proses mulai menjalankan komputer dari pertama kali dihidupkan sampai masuk ke dalam sistem Windows.

Broadband
Istilah yang merujuk pada internet berkecepatan tinggi.

Browser
Program yang berfungsi untuk menjelajahi dunia website. Browser yang sudah tersedia di dalam Windows 10 adalah Internet Explorer 10. Browser lain yang tak kalah terkenal antara lain Firefox dan Google Chrome.

Byte
Unit data yang dibentuk dari 10 bits data yang lebih Vecil Satu byte biasa direpresentasikan dalam bentuk satu karakter (bisa huruf, angka, tanda baca, dan sebagainya).

CAB
File-file kompresi yang biasanya digunakan untuk instalasi Windows.

Cable Modem
ng membutuhkan koneksi kabel yang Internet yang membutuhkan koneksi tercolok ke dalam sebuah modem. Salah satu cable modem yang sering dipakai adalah ADLS.

Charms
Fitur baru yang ada di dalam Windows 10. berbentuk panel berisi fitur-fitur yang diangga paling sering digunakan, seperti Search, Share, Start Devices, dan Settings.

Chat
Percakapan online dengan orang lain menggunakan software atau layanan khusus seperti MSN, Yahoo! Messenger, Facebook Chat, dan sebagainya.

Cookie
Informasi berwujud teks yang menyimpan informasi penting seperti data login termasuk username dan password, aktivitas-aktivitas yang Anda lakukan selama berinternet, daftar produk-produk yang akhirakhir ini Anda lihat, dan sebagainya. Cookie bisa dihapus menggunakan browser.

Clipart
Gambar-gambar siap-pakai yang bisa digunakan sebagai ilustrasi untuk mempercantik dokumen atau desain yang sedang kita buat.

Cloud
Layanan, baik program atau media penyimpanan, yang dijalankan dari server yang terhubung oleh internet.

Compatibility Mode
Mode yang disediakan oleh Windows 10 untuk membantu Anda menjalankan aplikasi-aplikasi yang ditujukan untuk Windows versi lama.

Computer Management Console
Fitur yang telah disediakan di dalam Windows untuk Management Anda mengatur program, services, dan komponen-komponen.

Control Panel
Fitur yang digunakan untuk melakukan konfiguras terhadap berbagai fungsi dasar pada komputer dan Windows.

Control Key
Disingkat Ctrl dan ada di bagian ujung kiri serta kanan keyboard. Secara umum tombol ini tidak  bermakna apa pun sampai Anda menggabungkannya dengan tombol lain untuk menjalankan suatu Aksi

Cut, Copy, Paste
Cut berfungsi untuk "memotong" item (bisa Teks,File,Foto) yang terseleksi dan kemudian dipindahkan tempat lain. Sedangkan Copy berfungsi untuk menggandakan item itu. Jika item sudah di Cut atau Copy, Maka untuk melaksanakaanya ke tempat lain tinggal lakukan paste.

Lihat Juga :
Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer  #BAGIAN II
Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer  #BAGIAN III
Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer  #BAGIAN IV
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar