Skip to main content

Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer #BAGIAN IV

Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer  #BAGIAN IV

Shareware
Software yang bersifat gratis namun Anda diundar untuk ikut berkontribusi mengembangkan software itu agar di masa mendatang menjadi lebih baik.

Shell Folder
Penunjuk yang merujuk pada sebuah folder pada harddisk Layanan yang disediakan oleh Microsoft untuk solusi penyimpanan data secara online.

SkyDrive
Layanan ini bisa diaktifkan lewat aplikasi SkyDrive ataupun masuk ke http://www.skydrive.com.

SmartScreen
Fitur yang ada di dalam Windows untuk mengecek sebuah website dan file-file yang diunduh dari internet terhadap adanya penyusup dalam bentuk malware sehingga komputer Anda tetap aman.

Software
Program komputer yang bisa membuat sebuah komputer mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang kita butuhkan.

Spam
Email “sampah" yang masuk ke dalam mailbox. Email jenis ini biasanya memuat materi advertising atau penipuan.

Spyware
Software yang menyusup dan mampu menginstal dirinya sendiri ke dalam komputer tanpa Anda ketahui. Spyware bertugas untuk mencatat kegiatan apa saja yang Anda lakukan selama online.

SSD
(Solid-State Drive) adalah media penyimpanan yang menggunakan memory chip alih-alih kepingan logam yang diadopsi oleh harddisk tradisional.

Start Screen
Tampilan baru yang diperkenalkan oleh Microsoft untuk Windows 8.

Streaming
Sebuah metode di mana Anda bisa menonton video atau mendengarkan musik secara online walaupun file video atau musik itu belum diunduh secara total.

System File Checker
Fitur yang ada di dalam Windows, berfungsi untuk membandingkan file-file operating system setelah sebelum diinstal untuk mengetahui ada tidaknya yang corrupt (tidak terkopi dengan baik).

System Health Report 
Fitur yang telah disediakan oleh Windows untuk Report mendeteksi kondisi Windows 8 termasuk driver dan program, dan selanjutnya membuat laporan dalam bentuk teks.

System Image  Backup
File cadangan yang berisi kopian  sistem Windows yang dapat dipakai sewaktu-waktu jika Windows tak bisa bekerja dengan baik.

System Repair Disc/Recovery Drive
CD, DVD, atau USB Flash Disk yang dapat melakukan proses booting dengan tujuan memperbaiki Windows yang bermasalah.

System Restore
Fitur yang ada di dalam Windows untuk mengkopi sistem-sistem dan file yang sangat penting sebelum Anda melakukan sesuatu yang sifatnya beresiko, misalnya menginstal software baru atau mengganti versi MS Windows. Dengan demikian jika terjadi masalah, Anda bisa mengembalikan sistem ke kondisi semula.

Tab Key
Tombol yang ada di sebelah kiri keyboard. Fungsinya spesifik, tergantung software yang saat itu digunakan. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan MS Word, maka Anda bisa membuat baris yang lebih menjorok ke arah kanan.

Tablet
Komputer kecil yang umumnya dioperasikan lewat sentuhan tangan (touch screen).

Taskbar
Area persegi empat yang ada di bagian bawah desktop Windows yang berfungsi untuk meletakkan ikon-ikon software, baik yang tidak aktif maupun aktif.

Temporary Files
File-file sementara yang muncul dari beragam sumber, seperti cadangan pekerjaan, file-file yang diunduh dari internet, atau file yang digunakan untuk proses instalasi. Umumnya, file-file jenis ini dikenali lewat ekstensinya yang berbentuk .tmp. File ini aman untuk dihapus menggunakan Clean Disk.

Tile 
Ikon-ikon yang terlihat di dalam Start Screen.

Toolbar 
Kumpulan ikon yang dapat ditemukan di bagian atas pada sebuah program. Ikon-ikon yang ada di dalam toolbar biasanya memiliki tugas yang paling sering Anda gunakan.

Trojan
Salah satu jenis virus yang berfungsi salah satunya untuk mengendalikan komputer yang terinfeksi.

UAC
(User Account Control) adalah sistem di dalam Windows yang membantu pencegahan terhadap akses dari orang yang tidak memiliki hak atau otorisasi.

User Folder
Merupakan folder-folder yang digunakan oleh pengguna, seperti Documents, Videos, Music, dan sebagainya.

USB Port
Colokan berjenis Universal Serial Bus yang diaplikasikan untuk banyak alat seperti media penyimpanan, printer, dan lain sebagainya. Di dalam USB Port biasanya terdapat sumber energi sehingga banyak perangkat yang tidak dilengkapi baterai bisa bekerja dengan baik.

USB 2.0, 3.0
USB versi 2.0 mampu mentransfer data secepat 480 megabits per detik. Sedangkan USB versi 3.0 memiliki kecepatan yang lebih berlipat ganda, yaitu mencapai 4.8 gigabit per detik. Secara umum, bentuk USB tidak berbeda antara satu versi dengan versi lainnya.

VHD
(Virtual Harddisk) yaitu file yang mengandung operating system dan file yang nanti akan dianggap sebagai harddisk fisik (betulan).

Video Conferencing
Komputer yang digunakan sebagai perangkat telepon dan video sekaligus.

Virtualization
Proses menjalankan beberapa operating system sekaligus dalam satu komputer yang sama.

Virtual Memory
Ruang yang ada di dalam harddisk untuk digunakan sebagai memori sementara (memory cache). Sering juga disebut dengan istilah paging file.

Web Browser
Istilah yang sama dengan browser, yaitu software yang digunakan untuk menjelajahi dunia internet.

Webcam
Kamera video berukuran kecil yang dapat ditempelkan pada komputer. Biasanya dipakai untuk video conferencing.

Wi-Fi
Jaringan internet yang menyebar menggunakan frekuensi radio sehingga bersifat nirkabel.

Windows RT
Salah satu versi dari Windows 8 yang hanya didesain untuk penggunaan processor berjenis ARM.

Windows To GO
Fitur yang hanya ada di Windows 8 Enterprise dan berfungsi untuk membuat sistem Windows 8 dan software-software yang ada di dalamnya bisa dijalankan hanya menggunakan USB Flash Disk.

Windows Update
Fitur di dalam Windows yang membantu Anda mendapatkan pembaruan-pembaruan (updating) untuk penambahan fitur, terutama yang terkait dengan masalah keamanan.

ZIP File
File hasil kompresi yang berisi file-file lain. File berjenis ZIP dapat dikenali dengan ekstensinya yang berbentuk .ZIP atau .RAR.

Lihat Juga :
Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer  #BAGIAN I
Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer  #BAGIAN II
Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer  #BAGIAN III
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar