Skip to main content

Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer #BAGIAN II

Istilah – Istilah Yang Terdapat Pada Windows 10 Dan Komputer  #BAGIAN II

Database
Data yang dikelompokkan dan dikelola menggunakan program komputer sedemikian rupa sehingga bisa diedit, dicari, dicetak, atau digunakan untuk tujuan lain.

Data Execution Prevention
Layanan yang ada di dalam Windows untuk mencegah virus atau program jahat melakukan tindakan yang mengakibatkan memory overflows.

Defragment
Fitur yang telah disediakan oleh Windows untuk mencegah terjadinya fragmentasi pada penyusunan file-file di dalam harddisk sehingga proses pencarian file menjadi lebih cepat.

Desktop
Tampilan yang secara umum ditandai dengan hadirnya taskbar, wallpaper, ikon-ikon, jendela-jendela aplikasi, dan lain sebagainya. Di dalam Windows 8, Desktop digunakan untuk membedakan dengan Start Screen.

Driver
Software kecil yang digunakan untuk mengatur komunikasi antara operating system, seperti Windows, dan hardware yang kita beli, misalnya printer. Biasanya, driver disediakan oleh vendor (pabrikan) hardware tersebut.

DirectX
Software kecil yang disediakan oleh Microsoft untuk membantu program seperti desain grafis atau game bisa bekerja dengan graphic card yang dimiliki oleh si pemilik komputer.

Download
Secara umum dipahami sebagai proses untuk mentransfer file dari server ke dalam harddisk komputer. File-file yang di-download antara lain dokumen, foto, software, dan sebagainya.

Drag-anddrop
Dalam istilah lokal disebut dengan klik-drag, yaitu tindakan untuk memilih file, teks, atau objek yang diseleksi untuk diletakkan di tempat lain menggunakan tombol kiri mouse yang ditekan dan ditahan

Dual-boot
Di dalam komputer terdapat dua atau lebih operati system (misal: Windows 8 dan Windows 7 sekaligu dan Anda bisa memilih mana yang akan dipakai.

Dual core
Processor yang memiliki inti ganda.

DVD-ROM
Media untuk membaca cakram optik digital yang berjenis Digital Versatile Disk (DVD). Kapasitas DVD bisa menembus hingga 4 Gb.

DVD-RW
DVD yang bisa dibaca sekaligus ditulis.

eBook
Electronic Book atau buku digital yang dibaca menggunakan komputer atau gadget khusus seperti iPad, Kindle, Nook, dan seterusnya.

Email
Surat elektronik yang dikirim lewat jaringan internet. Email ditandai dengan kehadiran tanda "@" di tengah-tengah alamat email itu. Walaupun perannya sudah mulai tergeser oleh layanan social media, namun secara umum email selalu dibutuhkan untuk proses registrasi.

Encryption
Teknik khusus yang membuat data menjadi tidak bisa dibuka sembarangan oleh semua orang kecuali mereka yang memiliki otorisasi khusus, misalnya para pembuat enkripsi tersebut.

Event Log
Catatan yang diciptakan oleh Windows untuk merekam adanya kerusakan-kerusakan yang terjadi di dalam sistem.

Family Safety
Fitur yang disediakan oleh Windows untuk membantu Anda mengontrol penggunaan komputer pada anak-anak, terutama untuk mencegah akses terhadap konten yang tidak layak untuk mereka.

FAT, FAT32
Salah satu jenis format pada harddisk yang hanya memiliki batas ukuran maksimal sebesar 4Gb.

Favorites, Bookmarks
Daftar yang Anda buat ketika menggunakan web browser agar memudahkan Anda untuk masuk ke situs-situs tertentu yang Anda sukai hanya berdasarkan daftar itu.

File Explorer
Dulu bernama Windows Explorer, aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi isi harddisk dan media penyimpanan lainnya agar bisa menemukan file yang dicari.

Firewall
Sebuah program yang menjamin tidak ada pintu atau port di dalam komputer yang bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk melakukan kejahatan terhadap komputer itu.

Firewire
Salah satu mode kabel yang sanggup melayani transfer data super cepat dibandingkan USB sekalipun. Biasanya, Firewire dipakai dalam industri video editing berbasis komputer.

Firmware
Software kecil yang diletakkan di dalam sebuah chip atau solid-state drive yang berfungsi melakukan kontrol-kontrol dasar terhadap komponen-komponen tersebut. Firmware bisa di-update jika vendor yang menciptakannya merilis versi terbaru.

Flash Drive
Biasa disebut dengan istilah USB Flash Disk. Media penyimpanan berkapasitas besar namun secara fisik berukuran kecil yang dicolok ke dalam port USB.

Font
Koleksi huruf yang disimpan dalam bentuk file.

Freeware
Software komputer yang didistribusikan secara gratis oleh pembuatnya.

Full HD
Resolusi layar monitor sebesar 1920 x 1080 pixels.

Function Keys
Sering dikenal dengan tombol F1 hingga F12. Umumnya, tiap-tiap tombol memiliki fungsi yang spesifik, seperti Fı untuk membuka akses terhadap Help.

GPS
(Global Positioning System) yang merupakan sebuah sistem untuk mendeteksi keberadaan seseorang. GPS menjadi cukup terkenal ketika Google merilis Google Maps.

Graphics Card
Bagian dari hardware komputer yang berfungsi untuk memproses signal video ke dalam layar monitor.

Group Policy
Fitur yang berfungsi untuk mengatur aturan-aturan yang bisa diterapkan pada Windows, termasuk versi 8, sehingga beberapa aktivitas untuk organisasi tertentu dibatasi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar