Skip to main content

9 TIPS MENAMBAH NAFSU MAKAN ANAK

Orang tua pasti sangat kuwatir bila Anak susah dan menolak untuk makan,jangan sampai anak mengalami gangguan pertumbuhan akibat malas makan dan memilih milih makanan.

Disini peran orang tua penting untuk mencsri tahu cara menambah nafsu makan anak,cara mengatasinya tentu harus di sesuaikan dengan penyebabnya.

Yukk simak 9 tips menambah nafsu makan anak :

1. AROMA MAKANAN YANG MENGGODA

Masaklah makan disaat jam makan,agar aroma masakan dapat tercium oleh anak  dengan aroma yang menggoda dan rasa laparpun akan muncul.

2. BATASI MINUMAN SAAT MAKAN

Sebaiknya hindari minum terlalu banyak disaat sedang makan untuk mencegah rasa kenyang,berikan minuman disaat anak selesai makan.

3. CIPTAKAN TAMPILAN MAKANAN YANG MENARIK

Anda dapat mengkombinasikan berbagai macam sayuran dengan warna yang berbeda dan dapat disajikan dalam porsi makan yang seimbang dan di tampilkan dengan bentuk yang lucu dan menarik.

4. JANGAN MEMAKSA

Cara ini banyak dilakukan oleh para orang tua,namun cara ini adalah cara yang salah karena dapat membuat anak kurang sensitif terhadap lapar di kemudian hari.

5. MAKAN SEDIKIT TAPI SERING

Makan sedikit-sedikit tapi sering lebih mudah dilakukan daripada makan 3x sehari dalam porsi besar. Makan dengan porsi kecil namun berfariasi mulai dari karbohidrat,lauk,sayuran,buah serta cemilan sehat itu juga bagus untuk pertumbuhan anak.

6. SUPLEMEN MAKANAN

Jangan terburu-buru memberikan suplemen disaat anak susah makan,konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu sebelum memberikan suplemen,mengingat kebutuhan dan kondisi tubuh setiap anak berbeda beda.

7. AJAK ANAK SAAT MENYIAPKAN MAKAN

Dengan melibatkan anak dalam  menyiapkan makanan,tentu orang tua akan mengetahui jenis makan yang di sukai anak,dan dengan mengajak anak dapat sekaligus memberi penjelasan tentang nutrisi yang baik.

Dengan cara ini,anak akan lebih bersemangat untuk memilih dan menyiapkan makanannya sendiri dan tentu saja makanan yang di siapkan akan di makan habis.

8.  OLAHRAGA

Ajaklah sikecil untuk berolahraga,dan selepas berolahraga tubuh akan terasa lelah dan perut juga terasa kosong. Efeknya, keinginan untuk makan akan meningkat.

Dan agar anak mau berolahraga,Anda dapat mengemas dalam bentuk permainan sehingga anak senang dan nyaman saat berolahraga.

9. AJAK BERMAIN KETIKA MAKAN

Mengajak bermain yang di maksud adalah bermain dengan orangtua bukan dengan gadget,karena terkadang mengajak main dengan anak dapat menciptakan suasana yang berdeda,sehingga anak menjadi senang dan anak akan menjadi bersemangat untuk makan.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar