Skip to main content

10 KIAT SUKSES KETIKA MEMFASILITASI DISKUSI


Diskusi kelas memainkan peran penting dalam kegiatan belajar aktif. Dengan mendengarkan beragam pendapat, siswa akan tertantang untuk berfikir.

Peran Sahabat Anima  selama berlangsungnya diskusi kelompok adalah memudahkan lalu lintas pendapat dari siswa.

Sahabat Anima  memang tidak perlu memberi komentar tambahan setelah siswa berbicara. namun ada baiknya untuk secara periodik membantu kelompok dalam memberikan sumbang saran mereka.
Berikut adalah sepuluh poin penting untuk digunakan ketika Sahabat Anima  memimpin diskusi kelompok

1. Perjelas 
Ya namanya diskusi pasti ada pro dan kontra dalam mempertahankan pendapat masing-masing.
Nah disinilah peran sahabat anima untuk memperjelas setiap pendapat siswa dengan menggunakan contoh, atau metode baru untuk menyelesaikan persoalan diskusi tersebut.

2. Pastikan 
Sahabat Anima  harus memahami kata-kata yang disampaikan oleh siswa atau perintahkan siswa untuk memperjelas apa yang dia maksud supanya setiap siswa lain dapat memahami dan mengerti topik yang disampaikan.

3.Kemukakan kembali 
Setiap peserta diskusi tentunya akan memberikan saran atau argumen mereka sendiri. Tentunya sahabat anima harus mengemukakan kembali rangkuman dari hasil diskusi tersebut agar setiap siswa merasa bahwa pendapatnya telah dipahami dan siswa lain yang mendengarkan juga dapat mengerti bahasan diskusi tersebut.

4. Menyemangati diskusi dengan mempercepat prosesnya,
Berbeda pendapat dalam diskusi bukan hal yang biasa kita temui, supaya diskusi tidak terlalu panas ada baiknya sahabat anima menggunakan humor, atau jika perlu, dengan memacu semangat kelompok untuk memberikan lebih banyak sumbang saran.

5. Berikan pujian 
Memberikan pujian memang sesuatu yang agak sulit dilakukan seseorang.. karena lebih senang bagi seseorang menerima pujian dari pada memberi pujian.

Bagi sahabat anima harus membiasakan memberikan pujian kepada siswa yang memberikan pendapat yang menarik dan baik:

6. Menunjukkan ketidaksepahaman (dengan halus) 
Ya namanya diskusi ada saran yang baik dan tidak baik dalam menyelesaikan permasalahan topik. Peran sahabat anima harus bisa sebagai penengah yang baik di tengah tengah diskusi yang panas.

Rasanya bapak paham apa yang kamu maksud, tapi saya tidak yakin apa yang kamu jelaskan itu benar begitu. Mungkin Di antara kalian ada nggak yang punya pengalaman yang berbeda dari si budi?

7. Tampung semua pendapat, tunjukkan kaitannya satu sama lain. 
Seperti kalian ketahui dari pendapat budi dan susi, kata-kata yang kita gunakan bisa menyinggung orang lain.

8. Ubahlah proses kelompok dengan mengubah metode untuk mengundang partisipasi atau menghantarkan kelompok menuju tahap evaluasi gagasan yang telah dikemukakan sebelum dibentuknya kelompok.

9. Jadilah Penegah diantara perbedaan pendapat antar siswa siswi, dan redakan ketegangan yang mungkin timbul.

Menurut bapak, budi dan susi tidak benar-benar berselisih pendapat, mereka hanya mengemukakan dua sisi yang berbeda dari persoalan ini.

10. Menyimpulkan (dan catat bila perlu) pendapat-pendapat utama
Hasil akhir diskusi merupakan tanggung jawab sahabat anima untuk dapat menyimpulkan pendapat-pendapat utama sebagai catatan penting dalam pembelajaran kelas tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar