Skip to main content

10 Alasan Menggunakan Live View Pada Kamera


Entah anda menggunakan Live View atau tidak, ada situasi dari objek yang memungkinkan fokus otomatis EOS anda kesulitan mengunci fokus.

Live View, bagaimana pun, menyediakan akurasi tinggi untuk fokus manual pada target. Pertama, ubah lensa dari AF ke MF. 

Kotak putih muncul di layar. Gerakan pada area pada gambar yang ingin anda fokuskan menggunakan tombol panah/ joystick. 

Sekarang perbesar area pilihan pada layar sehingga memenuhi LCD dengan menekan tombol kaca pembesar bericon + dan berwarna biru. 

Anda sekarang dapat melihat jika area itu tajam atau tidak. Jika diperlukan, tekan lagi tombol + biru untuk berubah dari perbesaran 5x ke 10x. Jika tidak tajam, putar cincin fokus pada lensa sampai foto fokus.

Banyak manfaat yang dapat anda peroleh dengan menggunakan Live View lebih banyak pada foto hari ke hari. Berikut 10 Alasan Menggunakan Live View Pada Kamera

1. Ganti ke ke Live View ketika menggunakan fokus manual untuk akurasi yang lebih. Cocok untuk foto dengan depth of field terbatas (seperti makro).

2. Lupakan horizon aneh, hidupkan grid untuk memastikan layar tidak miring. Live View pas untuk meletakkan filter gradasi dengan tepat.

Cara Membidik Live View Pada Kamera DSLR

3. Coba Face Detection AF pada Live View untuk memotret anak. Kamera akan mengikuti gerakan mereka selama berada dalam frame sehingga anda tidak perlu mengunci fokus.

4. Live View sangat membantu pada objek still-life. Anda mendapatkan pandangan 100%, jadi anda dapat memaksimalkan pengunaan piksel.

5. Layar besar juga hebat ketika merekan foto dengan SLR di tanah atau di atas kepala-selama anda dapat melihat LCD nya.

6. Filter ND hebat untuk mendapatkan kecepatan shutter lambat pada hari terang. Filter terkuat sangat gelap sehingga anda tidak dapat melihat objek di viewfinder. Gunakan Live View sehingga anda bisa melihat apa yang anda lakukan.

Cara Membidik Live View Pada Kamera DSLR

7. Coba gunakan white balance manual untuk memberikan gambar anda tampilan kreatif. Gunakan Live View dan anda dengan cepat dapat menjelajah pilihan yang ada dan segera melihat yang mana yang memberikan efek warna yang anda inginkan. Gunkan tombol Q jika ada di kamera.

8. Melihat gambar minim cahaya menggunakan viewfinder bisa sangat susah. Cerahkan dengan Live View!

Cara Membidik Live View Pada Kamera DSLR

9. Mau melihat beberapa banyak objek yang terfokus pada aperture yang digunakan? Tekan saja tombol Depth of Field di samping lensa ketika Live View digunakan.

Untuk benar-benar mamstikan bagian yang tajam, tekan tombol perbesaran dan cek setiap sudut gambar yang diperbesar.

10. Ingin menghilangkan getaran yang disebabkan cermin bergerak saat anda mengambil gambar? Gunakan Live View (dan gunakan Silent Mode 1, jika kamera anda memilikinya). Bisa juga menggunakan kabel remote.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar