Skip to main content

Cara Membuat Logo di 3DS Max


hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas tentang Tutorial Cara Membuat Logo di 3DS Max. 

logo kali ini tentang batman , Sebelum memasuki teknik lebih rumit sebaiknya kuasai dahulu teknik gambar 2D seperti CorelDraw. 

Dengan modifier Extrude & Bevel akan dihasilkan objek 3D. Dengan kasus ini anda akan dapat membentuk logo yang lebih rumit.

Materi yang dibahas antara lain:
Tool: Mirror, Select & Move, Quick Render, Tool: Region Zoom, Min / Max Toggle, Zoom Extents All. Object: Line, Parameter, Attach, Weld, Bezier, Bezier Corner & Smooth. Modifier: Extrude & Bevel.
Langkah-Langkahnya:

1. Bersihkan tampilan 3D Studio Max, klik menu File - Reset.


2. Sebelum mulai membuat objek, sebaiknya non-aktifkan tool Snap Toggleagar menggambar lebih bebas.

Membuat Sayap Kiri Batman

Logo batman mempunyai bentuk yang simetris (sayap kiri dan kanan sama & seimbang). Oleh karena itu perlu teknik penggambaran yang presisi.

1. Agar viewport tampil maksimal, aktifkan viewport Front, lalu klik tool Min / Max Toggle di kanan bawah layar.

2. Kita akan menggambar sayap batman sebelah kiri, mulai dari ‘ubun-ubun atas’ sampai ‘ekor bawah’ tanpa terputus. Klik panel Create -Shapes  : Line.

Cara Membuat Logo di 3DS Max

3. Klik di atas ubun-ubun sampai membentuk batman. Anda akan mendapatkan 4 buah titik / vertex seperti yang ada di bawah ini. 

Cara Membuat Logo di 3DS Max

4. Sampai bagian sayap, kita akan membuat garis melengkung, di titik vertex 5, Drag ke atas di titik ke-5 ke atas, klik di titik ke-6 seperti pada gambar di bawah ini. 

Cara Membuat Logo di 3DS Max

5. Selanjutnya dengan teknik Klik & Drag seperti tadi, anda tentu dapat meneruskan sampai ke ujung ekor sebagai berikut.

Cara Membuat Logo di 3DS Max

Memperbaiki Vertex

Setelah anda menyelesaikan bagian kiri logo batman, tentu hasilnya kurang memuaskan. Kini kita akan memperbaiki vertex dan garis agar lebih halus dan persisi.

1. Aktifkan Line01 batman tersebut. Klik panel Modify , Klik tanda ‘+’ pada Line atau Modus Vertex untuk memasuki pengeditan titik / vertex 

Cara Membuat Logo di 3DS Max

2. Klik tool Select and Move , drag pada vertex. 

Cara Membuat Logo di 3DS Max

Merubah Jenis Vertex

1. Agar vertex lebih mulus, klik kanan pada vertex lalu pilih Smooth. Agar bisa lancip, klik kanan vertex lalu pilih Bezier Corner, lalu atur Control Beziernya. 

Cara Membuat Logo di 3DS Max

2. Kadang Control Bezier terbatas gerakannya pada sumbu tertentu. Coba klik kanan toolbar, aktifkan menu Axis Constraints dan aktifkan icon ‘XY’. Control Bezier pun bisa bebas digeser.


3. Lanjutkan lagi pengeditan vertex untuk ‘ubun-ubun batman’ agar lebih melengkung seperti gambar di bawah. 

Cara Membuat Logo di 3DS Max

4. Agar pandangan di semua viewport lebih efisien dan sesuai batas gambar, klik tool Zoom Extents All  .
 Cara Membuat Logo di 3DS Max

Mencerminkan dan Duplikasi Sayap Batman

1. Matikan modus vertex, sehingga tidak ada sub-object yang aktif.

2. Untuk mencerminkan sambil menduplikasi objek, Klik tool Miror Selected Object  , maka akan tampil kotak dialog Miror. Aktifkan Miror Axis : X dan Copy

Cara Membuat Logo di 3DS Max


3. Akan ada sayap hasil Copy, namun posisinya tumpang tindih. Untuk mengaturnya atus parameter Offset.

Catatan: Agar jarak objek yang tercermin lebih jauh, Drag tanda panah dengan mouse secara cepat (jangan di klik-klik).

4. Kini di viewport Front, akan ditampilkan logo Batman yang lebih simetris yang terdiri dari sayap kiri & kanan. Tetapi dua objek tersebut masih belum bersatu.

Cara Membuat Logo di 3DS Max

Menyatukan Objek dengan Attach

1. Dua sayap tersebut masih terpisah, agar menjadi sebagai objek tunggal, Klik salah satu objek sayap batman tersebut.

2. Klik panel Modify   pastikan Line aktif. Di panel klik tombol Attach (drag panel ke atas untuk menemukannya).
Cara Membuat Logo di 3DS Max

3. Klik sayap yang lain, jika anda memilih sayap yang benar, icon akan berubah seperti pada gambar. Kini kedua sayap tersebut sudah menjadi objek tunggal.

 Cara Membuat Logo di 3DS Max

Menyatukan 2 Vertex dengan Weld

1. Dua sayap kini telah menjadi objek tunggal, tapi belum sempurna, karena ada vertex yang masih terbuka / belum bersatu. Untuk melihat masalahnya, aktifkan / klik objek batman tersebut. 

2. Klik panel Modify , aktifkan modus Vertex

3. Lihat dari dekat bagian ubun-ubun, klik tool RegionZoom , drag pada daerah ubun-ubun tersebut.



4. Klik tool Selected Object  lalu seleksi kedua vertex tersebut.

5. Agar kedua vertex menyatu (dilas/solder) menjadi 1 vertex, klik tombol Weld (drag Command Panel ke atas untuk menemukannya). 

Cara Membuat Logo di 3DS Max

Namun kedua vertex belum bersatu karena jangkauan ‘solder’ Weld = 0,1 kurang besar. Atur nilainya misal 10 (satu kotak grid terkecil nilainya 10). 

6.Coba klik lagi tombol Weld. Kini kedua vertex tersebut telah menyatu (dilas/solder) menjadi satu.


7.Masalah yang sama ada pada ekor logo batman. Mungkin kedua vertex tersebut tampil. Anda tentu dapat menyatukan dengan Weld seperti sebelumnya.

8.Logo Batman 2 Dimensi sudah selesai. Tetapi jika anda Render (tombol F9) tidak ada terlihat apapun seperti gambar kanan.

Cara Membuat Logo di 3DS Max

Modeling 3D
Memberi Ketebalan dengan Extrude

Agar logo batman 2D tampil jika di-render(F9), objek 2D tersebut harus diubah ke 3D dengan perintah / modifier, misal : Extrude.

1. Aktifkan Logo Batman tersebut dengan tool Select and Move .

2. Klik panel Modify-Modifier List : Extrude.

Cara Membuat Logo di 3DS Max

3. Atur modifier Extrude, atur nilai Amount = (misal) 20, maka logo batman terlihat lebih tebal. Anda kini dapat melihat hasilnya jika di-render (F9).

Cara Membuat Logo di 3DS Max

Memberi Ketebalan dengan Bevel
Ada perintah / Modifier List lain yang lebih rumit selain Extrude yaitu Bevel.

1. Sebelumnya anda harus membuang Modifier Extrude yang ada pada logo Batman. Klik Modifier Extrude, klik icon Remove Modifier from the Stack.

2. Setelah modifier Extrude dibuang, aktifkan Logo Batman dengan tool Select and Move. 

3. Klik panel Modify-Modifier List: Bevel. 


4. Atur parameter Bevel sebagai berikut, sehingga selain ter-extrude juga ada kesan bingkai / bevelnya.

Cara Membuat Logo di 3DS Max

5. Coba putar pandangan di viewport Perspective dengan tool Arc Rotate  .

6. Agar hasil lebih baik, beri material sesuka anda pada logo batman. Klik menu Rendering-Material Browser, selanjutnya drag

Export Hasil Render ke Software Grafis Lain

1.Render (F9) viewport Perspective atau dengan tombol Quick Render toolbar


2.Simpan hasil render, klik icon Save Bitmap, save ke dalam format TIF agar ada option Alpha Channel.

3.Coba anda buka file Logobatman.tif di Adobe Photoshop, akan ada  yang menentukan daerah transparan & solid pada logo tersebut. 

Cara Membuat Logo di 3DS Max

4.Jika anda Import file ke TIF tersebut dengan software layout grafis seperti CorelDraw atau Adobe Illustrator, logo batman yang semula mempunyai background hitam, kini tidak terlihat / transparan, karena pengaruh Alpha Channel.



Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar