Skip to main content

Cara Mengenal White Balance Pada Kamera DSLR

Bagi orang yang baru pegang kamera SLR digital, white balance merupakan “mainan” baru. Mode fokus, ISO, eksposur, drive dan lainya.

Sudah ada kamera film. Sebelum era kamera digital, white balance hanya dikenal pada orang orang yang menggunakan camcorder.

White balance atau WB, karena cahaya bukan hanya masalah terang aau gelap. Cahaya juga punya variasi warna.

Setiap sumber cahaya punya warna sendiri (biasa disebut dengan “temperatur warna”). spektrumnya terentang antara merah hingga biru.

Pengelihatan manusia sangat hebat menangani perbedaan warna ini. Kertas berwarna putih akan tetap tampak putih tak perduli kertas tersebut berada di bawah sinar matahari atau cahaya lilin.

White balance pada kamera berfungsi mirip seperti itu, berusaha menciptakan warna normal di kondisi cahaya berwarna.

Cara Mengenal White Balance Pada Kamera DSLR

Canon punya banyak pilihan untuk white balance yang dapat disesuaikan dengan kondisi cahaya. Meskipun demikian, kamera menyediakan automatic white balance (AWB) yang akan menentukan white balance secara otomatis.

Sistem otomatis ini sangat baik untuk mengkoreksi warna pada berbagai situasi pencahayaan.

Tapi, seperti sistem otomatis yang lain, AWB bukanya tidak bisa salah. AWB hanya bisa beroprasi pada rentang warna yang ditentukan.

Temperatur warna diukur dalam derajat kelvin (K) dan sistem AWB hanya bekerja pada rentang 3000 hingga 7000K.

Cara Mengenal White Balance Pada Kamera DSLR

Dengan rentang itu, kamera kesulitan mendapatkan warna yang benar pada ruangan yang diterangi lampu pijar karena temperatur warnanya sangat rendah.

Kamera juga akan kesulitan menentukan warna yang tepat di pagi hari atau saat kondisi berawan. Karena saat itu cahaya kebiru biruan dan putih temperatur warna yang lebih tinggi dari 7000K unuk menormalkan warna.

Kamera DSLR punnya beberapa pilihan white balance yang bisa anda tentukan. Cara paling mudah, gunakan saja preset yang ada.

Ada sekitar setengah lusin pilihan yang berfungsi untuk sebuah kondisi cahaya. Simbol petir digunakan untuk pengambilan foto dengan flash (5900K).

Simbol lampu pijar digunakan untuk merekam foto diruangan dengan lampu pijar (temperature warnanya sekitar 3200K).

Cara Mengenal White Balance Pada Kamera DSLR

untuk siang hari,ada tiga pilihan warna siang hari selalu bervariasi karena merupakan campuran antara sinar matahari dan warna langit (yang biasanya kebiruan).

Pada hari yang cerah,warna langit tidak begitu dominan. Jadi white balance bersimbol matahari akan menghasilkan temperature warna sekitar 5200K.

Temperatur Warna dan Skala Kelvin

Symbol berawan memberikan filtrasi untuk kondisi cahaya saat langit kebiruan (temperature warnanya 6000K dan 7000K).

pengaturan ini berguna untuk mendapatkan warna yang konsisten di setiap gambar atau untuk membuat kamera menghasilkan foto yang tampak hangat atau sejuk. Tapi, pilihan ini terbatas ketika mengunakan AWB.

K untuk Kelvin

Anda punya pilihan lebih banyak jika menggunakan pilihan manual. Meskipun tidak ada disemua model EOS. Pilihan K membuat anda bisa mengatur temperature warna ke derajat kelvin yang anda inginkan.

Pilihan ini pas digunakan jika membutuhkan akurasi. Anda dapat memilih temperature dari 2500 – 10000K.

Pilihan manual lainya adalah Custom white balance yang punya rentang temperature lebih banyak lagi(2000K – 10000K).

custom white balance menentukan white balance berdasarkan sebuah foto yang anda ambil.

Agar akurat, cobalah merekam foto sehelai kertas putih atau kartu abu abu netral. Pastikan kertas atau kartu itu berada di tengah tengah viewfinder dan diambil di pada cahaya untuk pengambilan foto.

Seringkali, anda sudah mendapatkan hasil yang baik dengan system ini tanpa perlu kertas warna putih.

Pada era film, temperature warna diperbaiki menggunakan filter koreksi saat foto dicetak. Filter masih digunakan untuk memperbaiki warna di fotografi digital,saat merekam foto dengan dua sumber cahaya yang berbeda.

Ketika menggunakan lampu kilat dikondisi minim cahaya misalnya, white balance tidak dapat diatur untuk mengoreksi warna untuk cahaya lampu kilat dan cahaya yang ada. Hasilnya biasanya latar belakang yang kejinggaan. Dengan menempatkan filter jingga (dikenal juga dengan sebutan gel). Didepan lampu kilat anda menyamakan warna kedua sumber cahaya. Foto tampak lebih natural.

Langkah langkah cara mengatur Custom White Balance

1. Ambil satu foto dibawah sumber cahaya yang hendak diperbaiki warnanya. Pegang sehelai kertas putih(atau kartu abu abu spesial) di tengah viewfinder.

Langkah langkah cara mengatur Custom White Balance

2. Tekan tombol menu dan carilah custom white balance (dibawah tab kedua pada kamera model terkini). Selanjutnya tekan tombol set.

Langkah langkah cara mengatur Custom White Balance

3. Selanjutnya, foto yang anda abadikan sebelumnya akan muncul dilayar (anda bisa melihat foto lain jika perlu). Tekan tombol set.

Langkah langkah cara mengatur Custom White Balance

4. Selanjutnya,custom white balance sudah berhasil anda buat untuk menggunakanya, atur white balance ke icon bergambar seperti bunga.

Langkah langkah cara mengatur Custom White Balance

5. Ambil foto menggunakan custom white balance yang baru anda buat. Jangan lupa ganti lagi ke white balance jika warna cahaya kurang memuaskan.

Kenapa harus RAW?

White balance pada foto tidak mutlak. Anda bisa mengubah warna foto saat penyutingan di computer untuk memperbaiki warna yang tidak akurat. 

Malahan, jika anda menggunakan format RAW, perubahan white balance ini sangat mudah dilakukan.

Cara Mengenal White Balance Pada Kamera DSLR

Ya, anda bisa bilang kalau pakai RAW, white balance tak perlu lagi dipikirkan. Alas an terbaik untuk tetap menggunakan white balance yang tepat sejak awal adalah LCD menampikan gambar sesuai dengan setting white balance. 

Jika ingin gambar yang tampil di LCD sempurna, sebaiknya menggunakan white balance yang benar.

Cara Kreatif dengan White Balance

Anda tak perlu pusing untuk mendapatkan white balance yang akurat 100% disetiap foto. Bukan karena anda bisa memperbaikinya nanti dikomputer (khususnya kalau anda pakai RAW), tapi white balance yang salah dapat membantu anda mempotret. Inilah tiga trik white balance yang dapat dicoba.

1. Cari objek diluar ruangan saat hari cerah. Tapi, jangan pakai AWB atau sunny, coba pakai cloud. Warna akan menghangat dan cocok untuk portrait dan foto arsitektual.

2. Pemandangan matahari terbenam belum tentu tampak lebih cantikdifoto dari pada melihatnya langsung.

Cara Kreatif dengan White Balance

Coba ganti white balance sehingga senja atau subuh akan lebih jadi keemas an. Atur WB shade dan gunakan K untuk mengatur temperature ke 10000K.

3. Coba beri efek cahaya bulan pada foto dengan memilih white balance yang menciptakan warna kebiruan. Atur AWB ke tungsten atau atur K ke 2500K.

cara alternatifnya, gunakan custom white balance dan jangan gunakan kertas putih,tapi gunakan kertas jingga dan merah. Trik ini akan membuat foto jadi kebiruan.

Mengganti Keseimbangan

Pilihan WB shift/Bracket dapat digunakan untuk mengganti white balance, mengubah warna kearah biru atau merah serta hijau kemagenta.

Pilihan ini berguna untuk mendapatkan foto dengan tonal warna hangat, saat anda mengunakan AWB yang ringkas. 

Cara Mengenal White Balance Pada Kamera DSLR

Pilihan bracket kemungkinan anda mengambil tiga foto dengan temperature warna yang sedikit berbeda di setiap foto yang dihasilkan.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar