Skip to main content

Cara Mengedit Foto Dengan Aplikasi Mix By Camera360


hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas tentang Cara Mengedit Foto Dengan Aplikasi Mix By Camera360. 

dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan mudah.

Seiring majunya zaman, banyak orang yang berlomba-lomba menciptakan aplikasi editor foto untuk mempercantik atau memperindah foto kalian.

Banyak orang yang memamerkan hasil jepretan kamera mereka ke media sosial, sering kita berpendapat, “bagaimana bisa hasil foto mereka terlihat sangat indah?”. 

Penasaran bagaimana memperindah foto yang kalian jepret dengan kamera kalian? Mari kita simak tutorial di bawah ini.

Kali ini saya akan menggunakan aplikasi edit yang lagi hangat di gunakan masyarakat, yaitu MIX By CAM360. 

Mungkin sebagian dari kalian sudah tau mengenai aplikasi editor foto satu ini, fitur yang di suguhkan tidak jauh berbeda dengan aplikasi editor yang lain. seperti adanya effect, exposure, contrass, dan masih banyak lagi. Oke, langsung saja kita mulai mengedit.

1. Download aplikasi MIX BY CAMERA360, jika sudah di downoad, buka aplikasinya.


2. Setelah aplikasinya terbuka, akan muncul sperti ini. Setelah itu pilih Edit.


3. Setelah itu akan muncul gambar gambar pada galeri kaian, silahkan pilih gambar yang ingin kalian edit. jika kalian kesusahan untuk mencari foto kalian di rol kamera, kalian bisa menKlik panah di samping tulisan rol kamera untuk mencari folder foto kalian. 


4. Kali ini saya akan menggunakan foto ini.


Di situ kita bisa melihat banyak pilihan filter yang di kelompokkan menjadi beberapa kelompok antara lain :


Pada tutorial kali ini saya akan menggunakan filter Cine.  Pada filter ini banyak pilihannya mulai dari C101-C111, kita akan menggunakan effect C106. Maka akan jadi seperti ini.


5. Setelah itu pilih menu Kotak Edit pada pojok kanan bawah. Maka akan keluar seperti ini di bawah gambar kalian. 


6. Mari kita mulai mengedit, awal yang perlu kita perbaiki adalah ekspose, menu ini gunanya sama dengan exposure yaitu mengatur cahaya pada gambar. Kita ubah ekspose menjadi : -19

7. Setelah gambar menjadi sedikit agak gelap, kita beralih pada kontras, di menu ini kita mengatur cahaya yang terlihat kasar atau lembut.dengan kondisi cahaya yang kasar inilah biasa di sebut dengan kotras tinggi. 


Kontras juga bisa mengacu pada persilangan gelap terang. Untuk itu foto dengan kontras yang baik akan menampilkan warna hitam dan putih yang bagus dan tajam. Maka dari itu kita mengubah kontras menjadi : 27

8. Setelah mengatur kontras, kita beralih untuk mengatur Highlights, tool ini berfungsi memberikan efek pudar pada area gambar yang memiliki exposure berlebihan. Kita buat highlight menjadi : -49

9. Setelah itu kita atur Bayangan, tool ini berfungsi untuk memudarkan atau memperjelas efek bayangan pada gambar. Kita atur bayangan menjadi : 21.


10. Lumayan bagus bukan? Eits.. tunggu dulu, ini belum selesai, kita harus mengubah Lux, tool ini adalah slider sederhana yang membantumu untuk menyesuaikan kontras dan saturasi gambar. Kita buat lux menjadi : -51.


11. Lalu kita atur Vibrance, tool ini berfungsi untuk mengatur cerah tidaknya suatu gambar, atau juga menghidupkan gambar yang pucat sehingga pada saat kita edit akan terlihat lebih hidup, nah kita ubah vibrance menjadi : 9.


12. Lalu kita atur Vignetter, tool ini memberikan efek vignette pada gambar, memberi efek hitam pada setiap sudut gambar, kalian bisa mengatur kekuatan efek gelap sesuai selera. Saya menggunakan : 13 .


13. Seteah itu kita atur Spotlight, tool ini berguna memberi cahaya pada spot tengah. Saya mengatur menjadi : 18



14. Sudah terlihat bedanya? Belum selesai loh, jangan puas dulu hehe.selanjutnya kita atur Suhu, tool ini berfungsi untuk menyesuaikan warna suhu, dapat memberi kesan dingin atau hangat pada gambar. Kita atur menjadi : -17 


15. Setelah itu kita atur Tint, tool ini berfungsi untuk menambah  kesan warna hijau jika kalian menggeser slider ke kiri, dan warna ungu jika kalian menggeser slider ke kanan. Kita hanya menggunakan sedikit tint : -1.


16.Yassss, kita selesai dengan penyesuaian, kita lanjut ke menu efek pada bagian bawah. 


17.Pada menu ini tersedia lebih banyak kelompok efek daripada kelompok pada filter, antara lain :


18.Kali ini saya akan menggunakan efek Sky. Pada efek Sky ini juga terdapat banyak pilihan mulai dari S1-S13. Saya akan menggunakan S11.

WOW!!! Hasilnya sangat baagus, tapi jangan puas dulu, kita belum selesai.


19. Setelah kita memberi efek, kita berpindah pada menu Tekstur. 

20. Pada menu tekstur juga terdapat beberapa kelompok, yaitu :


21. Tenang saja ini langkah terakhir kok hehe, disini saya menggunakan Flare. Dan pada flare ini terdapat banyak sekali tekstur mulai dari F1-F14. Saya akan menggunakan F3 dengan kekuatan : 75%.              


22. Jika kalian sudah merasa gambar kaian terlihat lebih bagus, klik simpan di bagian kanan atas.
Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar