Cara Membuat Animasi CARD DANCE di After Effect

Cara Membuat Animasi CARD DANCE di After Effect

Cara Membuat Animasi CARD DANCE di After Effect


hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas Cara Membuat Animasi CARD DANCE di After Effect (seperti gambar diatas), sebagai tahapan awal untuk membuat opening pada video kita nantinya...Untuk membuat animasi yang lebih kreatif diperlukan animasi grayscale. Animasi ini biasa digunakan untuk acara Quiz, animasi Billboard atau transformasi bentuk iklan pada mobil.oke langsung saja kita coba:


PERSIAPAN BIDANG KERJA & IMPORT DATA
1.Klik menu Composition - New Composition dengan Presets  = PAL D1/DV Square Pixel  agar sesuai dengan standart pertelevisian. Kali ini kita atur durasi 10 detik dengan backgroundcolor = Abu Abu

2.Klik menu File - Import - File yang diinginkan. Kali ini saya menggunakan gambar mata dan background grid.

3.Dari panel project tersebut drag kedua file ke dalam timeline. Matikan ikon mata/ video di layer background agar tidak terlihat.


CARA MEMBUAT EFEK CARD DANCE
1.Seleksi layer mata. Lalu klik menu Effect-Simulation-Card Dance. Atur Rows = 7, dan Coloumns = 15.


2.Atur Camera position - X rotation dan Y rotation = 0x-30, Z position = 0.8 dan Focal Length = 15 dan X,Y Position agar pandangan perspektif lebih tajam.

Animasi Grayscale
Untuk menganimasikan posisi kartu, kita memerlukan animasi dengan warna hitam putih atau abu abu/Grayscale.
1.Buatlah composition baru dan atur durasinya 10 detik dan background colornya warna hitam. Dan beri nama, misalnya “epek”

2.Kita akan membuat animasi text, tekan Ctrl + T. lalu kita pilih jenis ntnya dan ukurannya, lalu kita bold fontnya. Lalu kita ketik huruf “I” dan gunakan selection tool untuk merubah ukurannya.


3.Pada timeline kita klik layer teksnya dan tekan “P” untur mengatur positionnya, anda bisa membuat 2 keyframe position seperti berikut. 

4.Lalu kita kembali pada composition pertama dan  drag composition animasi grayscale tadi ke dalam timeline composition pertama. Lalu matikan ikon mata pada layer animasi grayscale. Agar tidak terlihat.

5.Lalu di panel effect controls “Card Dance”, atur parameter Gradient Layer 1 = “epek” dan Z position, Source = Itensity , dan Multiplier = 1,0
6.Lalu kita akan memberikan efek blur pada composition “epek”. Pertama seleksi dahulu composition efek, lalu klik “I”. dan klik menu Effects-Blur-Directional Blur, dengan nilai Direction 0x90 dan Blur Length = 120



ANIMASI CARD DANCE : Z POSITION & Y POSITION 
1.Sekarang back text layer dengan text.jpg/ background text, lalu atur Y Rotation dengan source = Itensity 1, multiplier = 1, dan offset = 0 dan ubah Transformation Order = Rotate, Position, Scale.

2.Disini kita dapat bereksperimen dengan macam macam huruf sesuka anda. Caranya dengan mengganti Character. Tetapi disini saya akan bereskperimen menggunakan huruf X.

3.Lalu atur material di  parameter Specular Reflection perbesar nilainya misal 0,5. Dan ubah parameter X&Y scale sesuai keinginan. 

Memindahkan Semua Keyframe Position
Jika anda merubah posisi dengan menggunakan selection tool bisa bisa jalur berubah, maka dari itu kita menggunakan parameter position. Pastikan current time indicator berada di awal movie (00:00f). lalu klik parameter position, dan geser dengan selection tool 

Membuat Bayangan Radial Shadow
1.Kita akan membuat bayangan agar lebih menarik yaitu dengan cara Klik menu Effects - Perspective - Radial Shadow

2.Lebih dinamis lagi jika dibuat Animasi Z Rotation Dan X,Y Position seperti berikut.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih

Salam Anima Belajar