Skip to main content

Cara Membidik Live View Pada Kamera DSLR

hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas tentang Cara Membidik Live View Pada Kamera DSLR. Live view tidak sulit untuk dipahami.

Coba hidupkan Viewfinder yang biasa digunakan akan jadi gelap.

Dari objek yang dibidik, muncul di LCD belakang kamera. Live view tidak menggunakan system optic dengan cermin dan prisma.

Live view memberikan Anda tampilan layer lebar menggunakan feed video langsung dan memanfaatkan segala keuntungan yang dimiliki LCD TFT yang ada dibelakang kamera yang biasa anda gunakan untuk melihat gambar setelah anda merekam fotonya.

Gambar muncul seperti pada kamera kompak dan ponsel yang sudah ada sejak lama.

Cara Membidik Live View Pada Kamera DSLR

Bagi pengguna SLR, pengenalan Live view pada kamera canon pada tahun 1997 adalah revolusioner.

Tak sekedar gimik, fitur ini ditemukan pada setiap EOS, Untuk banyak objek. Penggunaan cara melihat alternative ini punya banyak keuntungan paling jelas adalah saat mengomposisi.

Semakin besar gambar, dan mengingat bahwa anda dapat melihatnya tanpa harus menempatkan mata pada viewfinder.

Ini berarti Live View dapat membantu anda berpetualang dengan sudut kamera lebih mudah membidik objek saat Kamera berada di tanah atau di atas kepala.

Live View membuat anda dapat melakukan kontak mata dengan objek (baik untuk portrait).

Keuntungan lainnya adalah anda melihat 100 persen gambar yang akan diambil (kebanyakan viewfinder memotong banyak sudut pada foto).

Anda juga dapat memastikan garis garis pararel dengan sudut gambar atau mempermudah mengaplikasikan aturan sepertiga untuk memperbaiki komposisi.

Live view punya banyak kegunaan, seperti membuat focus manual lebih presisi atau membantu anda merekam foto dari sudut tak biasa. Beberapa kegunaan tidak terlalu jelas:pandangan luas 100% nya membuat komposisi lebih mudah untuk foto still life contohnya.

Bagaimana mengatur EOS  - Anda Untuk menggunakan Live View

Tidak semua D-SLR EOS punya Live View dan pada model yang sama Anda harus gunakan Creative mode (seperti Av atau P) untuk dapat menggunakannya.

Pada semua model EOS, Anda pertama harus mengaktifkan Live View. Tekan tombol Menu,gulung ke pengaturan Live View dan klik set. 

Dari Live View Function Setting. Selanjutnya pilih Live View Shoot,dan tekan tombol set.Ubah dari Disable ke Enable dan tekan Set lagi. 

Untuk menghidupkan dan mematikan LiveView,gunakan tombol terdedikasi (ditemukan pada EOS terbaru) atau gunakan tombol Set (pada model lama).

Cara Mengontrol Live View

Layar bagian kiri dan bawah dapat diatur sehingga anda melihat pengaturan kuncu kamera yang saat ini digunakan.

Pada foto normal, Anda hanya memeriksa eksposur dan kontras gambar menggunakan histogram setelah gambar diambil,Pada live view anda punya pilihan untuk melihat grafik ini saat mengatur komposisi.

Pandangan 100% (D)


Gambar video pada LCD tidak hanya lebih besar daripada gambar yang anda lihat di viewfinder. Tapi juga menampilkan 100% dari aneka gambar. Kebbanyakan viewfinder hanya menampilkan 95-98% dari gambar.

Mengubah pandangan

Tekan tombol dips atau info membawa anda ke opsi pandangan berbeda memungkinkan anda meminimalkan atau menambah jumlah data yang ditampilkan.


Cara Membidik Live View Pada Kamera DSLR
Gelap (A)

Viewfinder jadi gelap dengan Live view karena cermin 45 derajat yang memantulkan gambar diagkat seluruhnya.

Tombol Live view (B)

Pada model lama,Live view diaktifkan dengan tombol set Pada DSLR EOS terbaru ada tombol special Live View yang juga berfungsi untuk muli atau stop rekaman pada mode video.

Perbesar (C)

Tekan tombol berikon kaca pembesar + biru sekali untuk pembesaran 5x, tekan lagi untuk perbesaran 10x, Ini sangat berguna untuk focus manual, Gunaka tombola rah atau joystick untuk bergerak sekitar gambar ketika perbesaran.

Simulasi eksposur

Fitur Exp Sim mencoba memberikan visual sedekat mungkin. Ikon ini jadi abu – abu atau berkelip jika preview tidak akurat. Pada model baru, fasilitas ini dapat dimatikan.

Kemungkinan jarak jauh

Keuntungan komposisi ditambah lagi jika LCD dapat diputar putar, seperti pada 60D dan 600D, Tapi pada semua EOS, Live View dapat diaktifkan pada layer remote menggunakan Canon’s EOS Utility,kabel USB dan computer, atau dengan menggunakan aksesori nirkabel seperti Hahnei Inspire.

Tapi Live View tak sekadar alat framing. Umpan video dapatdigunakan untuk memberikan anda control presisi terhadap pengaturan itu sendiri.

Cara Membidik Live View Pada Kamera DSLR

LCD dapat memberikan live preview mengenai keseimbangan warna dan eksposur,Sebuah fitur simulasi eksposur mencoba memastikan gambar di layer secerah atau segelap gambar yang akan anda rekam pada karu memori,

Tak ada lagi menerka exposure compensation yang akan digunakan atau merekam foto percobaan untuk dilihat sebelum mengatur aperture dan kecepatan shutter.

Anda dapat melihat historgram pada Live View yang menyediakan tampilan grafik mengenai brightness dan kontras dengan pengaturan sekarang.

Historigram menutup gambar (dengan format dasar atau warna), sehingga anda dengan cepat dapat memperbaiki eksposur.

Respon segera ini juga memanjang hingga mengatur depth of field. Memeriksa efek aperture yang berbeda dan jarak focus ang berbeda tidak pernah lebih mudah.

Anda tekan tombol depth of field yabng ada di sebelah kiri mount lensa pada tiap kamera (kecuali 1100D, di mana anda menggunakan Custom Function dan tombol set).

Pemeriksaan presisi juga mungkin karena Anda bisa melakukan zoom pada Live View. Caranya, tekan tombol kaca pembesar yang akan anda memberikan perbesaran 5x, tekan lagi dan anda mendapatkan perbesaran 10x dan tekan lagi anda akan dibawa kembali ke tampilan seluruh gambar.

Masalah focus

Karena gambar dapat diperbesar, Live View sangat berguna untuk manual. Fokus manual biasanya tak mudah dengan D-SLR karena layer focus dengan viewfinder diatur untuk focus otomatis dan tidak cukup untuk menampilkan detail untuk focus manual yang tepat.

Tapi Live View yang dapat diperbesar, Anda dapat mengatur focus dengan kepastian,Ada tiga pilihan otomatis juga.

Cara Live View bekerja

Apa yang terjadi ketika anda mengubah canon EOS ke mode Live view.

Viewfinder [A]

Dengan aktifnya Live View ,viewfinder normal jadi gelap. Anda melihat gambar berupa video yang ditampilkan di LCD utama dibelakang kamera.

Lihat, tak ada cermin [D]

Seperti ketika mengambil video , cermin pemantul diangkat dan sutter terbuka ketika Live View diaktifkan.

Cara Live View bekerja

Menaikan temperatur [B]

Ketika sensor utama digunakan secara konstan saat Live View, sensor dapat menjadi sangat panas. Hal tersebut menghasilkan gambar yang lebih noise ketika digunakan terus menerus khususnya saat IOS tinggi atau cuaca hangat.

Mode Af Quick [C]

Sistem fokus otomatis biasa menggunakan sensor di bawah cermin, jadi tidak berfungsi ketika Live View aktif. Dalam Mode Af Quick, cermin dengan cepat diturunkan lalu diangkat sehingga dapat fokus yang akurat.

Pilihan AF di Live View
Perbandingan Fokus Otomatis Kamera.


AF di Live View


AF Quick
AF Quick menggunakan sistem fokus otomatis yang sama autofocus biasa.


+ Kecepatan fokus otomatis tertinggi dengan seleksi titik AF banyak yang familiar.
- Perlu menaikkan cermin sehingga anda kehilangan pandangan objek sekilas.

AF Quick

AF Live
AF Live menggunakan sensor CMOS utama untuk mengontrol fokus.


+ Anda tidak menghilangkan pandangan terhadap objek saat fokus. Anda memilih titik fokus.
- Bisa jadi lambat untuk mengunci fokus sekaligus melihat gambarnya.

AF Live

Solusi teknologi
Solusi teknologi ini mendeteksi orang dalam foto dan lalu memfokuskanya.

+ Varian AF Live. Sangat efektif untuk memotret orang sebagai objeknya.
- Anda perlu memilih objek jika ada lebih dari satu wajah dalam foto.

Tapi meskipun jumlah pilihan fokus otomatis pada Live View bertambah terus, beberapa pilihan hanya ada pada model kelas atas.

Exposure Simulation dapat dimatikan pada model, seperi 70D-dan ketika dimatikan, LCD menyediakan gambar terang dan kelihatan apa pun kecepatan shutter dan aperture yang digunakan-sangat berguna ketika anda menggunakan flash, seperti di studio.



Keuntungan lain dari Live View adalah mode Silent. Mode ini didesain untuk meminimalkan suara yang dihasilkan ketika anda merekan foto, selain menyediakan keuntungan mengambil gambar di tempat terang, fitur ini juga memiliki keuntungan meminimalkan getaran yang terjadi ketika anda merekan foto.

Pada Live View, cermin tidak hanya selalu ke atas, tapi pada saat silent Mode 1 dan 2, curtain pertama tidak bergerak untuk mengambil gambar.

Tepat digunakan untuk situasi di mana getaran terkecil dapat merusak gambar.

Tapi jangan kaget jika anda tidak menemukan pilihan Silent Mode di menu Live View Setting. Pilihan Silent Mode 2 didesain sehingga curtain kedua tidak bergerak sampai anda melepas jari dari tombol shutter.

Di sisi lain, penting untuk menyadari keterbatasan Live View. Live View tidak cocok untuk objek bergerak. Live View juga cepat menghabiskan baterai.

Karena itu, anda harus menghindari untuk menggunakan Live View lerlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan sensor panas, yang akan memengaruhi gambar karena noise gambar semakin banyak ketika terperatur naik.


Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar