Skip to main content

Blender Tutorial Newbie : 6 Cara Rendering di Aplikasi Blender


hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas tentang 6 Cara Rendering di Aplikasi Blender yang mana kita akan memberi tekstur / material pada objek yang telah kita buat antara lain:

Material warna solid/Diffuse, Material bertekstur dari gambar bitmap, material bertekstur timbul/Bump, material transparan seperti gelas, memantul/reflection seperti cermin, viewport dengan material/ tekstur dan background gradasi langit/ sky.

Warna Solid/Diffuse DAN Material Kayu

1.Buka file masukan objek Terserah yang telah dibuat sebelumnya / download . File - Open : xxx.blend (Pada Materi ini Objek Sesuai gambar dibawah)




2.Klik kanan objek cube.

3.Untuk memberi material pada objek terseleksi, klik Editor Material. Silakan atur warna dasar di parameter Diffuse misal coklat muda.



4.Hasilnya di viewport seperti gambar kiri. Jika di-render (F12) hasilnya seperti gambar kanan.



5.Agar lebih menarik dan realistis kita bias tambahkan tekstur kayu. Untuk itu kita klik Editor Texture lalu klik tombol New.



6.Tekstur masih berupa awan / Clouds. Untuk itu kita harus mengubah menjadi tekstur kayu yang realistis, ganti Type menjadi Image or Movie.



7.Setelah TYPEnya dirubah menjadi image or movie, klik tombol open untuk mencari gambar bitmap. Klik Thumbnails agar tampilannya seperti pada gambar kanan lalu klik open image.



8.jika Sudah, maka di-render dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.



9.Agar hasilnya lebih menarik, klik di title Mapping atur parameter coordinates = Generated dan Projection = Tube. Silakan render (F12).



10.Agar tekstur kayu lebih banyak dan padat, atur Repeat sumbu x misal 3. Lalu render lagi.



11.Supaya tekstur kayu lebih berkesan timbul/kasar, aktifkan Geometry: Normal misal 1. Semakin besar nilainya maka tekstur akan semakin timbul. Render lagi. Dan materi material kayu selesai….



VIEWPORT TAMPIL MATERIAL

1.Mungkin repot kalau harus bolak balik render terus. Kini kita akan atur viewport agar bias tampil teksturnya. Caranya aktifkan dulu panel Properties (shortcut N).

2.Di Title Shading awalnya Multitexture lalu ganti menjadi GLSL. Dan tool Method of Display menjadi Material.



APPLY MATERIAL KE BANYAK OBJEK

1.Untuk memberi material pada objek lain pertama klik kanan pada objek yg mau diberi material.

2.Di Editor Material, Klik Browse Material, pilih material.001 yg sudah bertekstur kayu sebelumnya.

3.Klik objek yg lain dan terapkan sama seperti cara diatas.

4.Dan jika ingin memberi warna objek lain tidak ingin materialnya seperti kayu kita bisa rubah dengan cara klik New dan klik seperti cara awal di materi kayu diatas.

5.Kalian bisa klik smooth ditool sebelah kiri agar bagian depan mobil lebih menarik.



MATERIAL GELAS

1.Klik kanan salah satu ban. Lalu, di Editor Material, lalu klik tombol New (Add New Material).



2.Beri warna dasar / Diffuse.

3.Agar nampak gelas transparan, ceklis Transparency. Lalu aktifkan z Transparent lalu Alpha = 0.5. hasilnya akan transparan saja.



4.Agar lebih realistis ganti z transparent menjadi Raytrace. Sementara atur nilai IOR ke 1 yg artinya tidak ada distorsi dibelakang objek.



5.Coba kita ganti dengan Raytrace dan Alpha = 0.24, IOR = 0.25 . Maka hasilnya terlihat seperti gelas cermin.



APPLY MATERIAL DENGAN LINK

lalu bagaimana jika ingin menerapkan material gelas ke semua ban? jika menggunkan cara sebelumnya klik satu persatu material objeknya akan sangat merepotkan. apalagi klo objeknya banyak...bisa Pusing 7 keliling ya..hehe

1. untuk itu seleksi semua ban (SHIFT + klik Kanan) dan pastikan objek terakhir yang dipilih adalah ban yang sudah ber texture gelas

2. lalu klik menu Object - make links - materials atau shortcut CTRL + L .. maka semua ban menjadi materials gelas.

Material LANTAI

1.Pertama kita add material plane

2.Lalu di editor material klik add New Material kita beri warna sesuka hati semisal warna merah seperti di gambar.

3.Agar material lantai bersifat cermin ceklis Mirror



4. Jika di render(f12) seperti gambar disamping




BACKGROUND LANGIT


1. Setiap merender,warna background selalu abu-abu seperti gambar kanan. Untuk mengubah menjadi warna lain sesuai selera, klik Editor World.

2.Agar langit bergradasi 2 warna aktifkan Blend. Lalu warna Horizon Color (warna bawah) menjadi merah dan warna Zenith Color (warna atas) menjadi merah tua.



3.Render (f12) …beres… lalu bagaimana agar background diambil dari image bitmap(*.jpg,*png,dll) ? Di Editor World sepertinya tidak ada fitur untuk membuka/open image.

BACKGROUND BITMAP

1.Klik Editor Texture tanpa melalui Editor Material lagi. Aktifkan icon World lalu klik New.



2.Atur Type = Image or Movie, klik Open misal skyline.jpg. di parameter hampir paling bawah atur Influence:Blend = 1 dan aktifkan Horizon = 1.



3.Di Editor World biarkan setting warna Influence Blend = 1.000 , Horizon = 1.000 dimana Blend Sky aktif.

4.Import background sesuai selera seperti gambar



5.Jika di-render(f12) hasilnya background merupakan perpaduan dari gambar bitmap Skyline, warna Horizon dan Zenith Color.

6.Untuk menampilkan gambar bitmap background seperti aslinya, matikan saja Blend dan aktifkan Horizon = 1 di Editor Material.

RENDER IMAGE FORMAT TV

Selama ini hasil render Blender selalu widescreen (16:9) dengan resolusi setengah dari FullHD. Berikut ini caranya agar hasil render sesuai dengan ukuran Televisi analog.

1.Tekan Numpad 0 untuk pandangan camera.

2.Aktifkan Editor Render. Pilih Dimension = TVPAL 4:3. Pastikan Aspect Ratio X dan Y adalah 1:1. Kini kotak render sudah berubah ukurannya.



3.Silahkan Render(f12) hasilnya seperti gambar.



Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar