Skip to main content

50 Fungsi tombol Windows yang wajib kamu tahu

hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas tentang 50 Fungsi tombol Windows yang wajib kamu ketahui kombinasi tombol-tombol rahasia yang terdapat pada Windows 8 Atau Windows 10 .

Jika benar dalam menekan tombol-tombol itu, maka Agan bisa bekerja lebih cepat dan efisien.

Berbeda dengan windows versi sebelumnya. tentunya untuk Windows 8 atau lebih kita dapat optimalkan fungsi tombol Windows pada keyboard yang dapat Agan lihat di antara tombol Ctrl dan Alt pada sisi kiri.

Jadi tidak usah panjang lebar langsung aja kita ulas tentang kombinasi tombol jalan pintas yang ada pada windows 8 atau 10.

 (TOMBOL WINDOWS)
Jika Agan sedang berada aplikasi apapun (Mis.Ngetik Di Mic. word) dan ingin segera ke Start Screen, maka cukup hanya menekan windows.

 +  
Jika ingin kembali ke aplikasi mic. word tadi maka agan tekan windows lagi.

 +  I
Berguna untuk melihat panel Settings.

 +  x
tombol pintasan ini Berguna untuk memunculkan menu icon yang terdapat di pojok kiri bawah, biasanya berisi Speaker sound, charging baterai dan lain-lain.

 +  c
Berguna untuk menampilkan Charms serta tanggal dan waktu di bagian bawah desktop.

 + H
Tekan tombol ini akan Berguna untuk melihat panel Sharing di sebelah kanan pada layar monitor.

 + Q
Berguna untuk mengaktifkan fitur pencarian. Agan bisa mencari file, apilikasi, atau lainya dengan terlebih dulu menekan tombol di atas.

 + D
Apilikasi Agan ada di dalam Start Screen atau sedang mengaktifkan apilikasi, misalnya game, maka tekan tombol ini untuk kembali ke mode Dekstop.

 + PrintScreen
Untuk mengcapture seluruh tampilan yang terlihat di layar ke dalam sebuah file berformat PNG. Selanjutnya, file yang tercapture akan bisa di lihat di folder My Pictures - Screenshot.

 + Tab
Untuk mengaktifkan Switch Pane yang ada disisi kiri pada layar monitor. Panel itu sendiri Berguna untuk berpindah dari satu apilikasi ke apilikasi yang lain. Mirip denganpenggunaan tombol Alt+Tab.

 +  +
Tekan tombol (zoom in ) ini akan Berguna untuk memperbesar objek antara lain teks, ikon dan sebagainya.

 +  -
Untuk men-zoom out tampilan di dalam layar monitor.

 + L
fungsi tombol ini untuk mengunci komputer, sangat berguna bagi agan jika ingin meninggalkan laptop sebentar.

 + F
berguna untuk search file

 + W
fungsi tombol ini untuk mencari setting yang biasanya “Terhidden” di Control Panel.

 + R
untuk menampilkan command Run

+ E
anda langsung dapat menuju ke File Explorer (dulu disebut Windows Explorer)

 + ENTER
Berguna untuk mengaktifkan apilikasi Windows Narrator. Jika Agan ingin agar MS Windows 8 membacakan tombol-tombol atau menu-menu yang ada di dalam sebuah jendela apilikasi, luncurkan saja apilikasi tersebut.

 + P
Tombol ini bisa anda gunakan untuk terkoneksi dengan proyektor atau Agan bekerja dengan dua monitor

 + PageUp/Down
Masih berkaitan dengan tombol Windows+P sebelumnya. Jika Agan sedang bekerja dengan sebuah apilikasi, maka Agan bisa memindahkan apilikasi itu ke monitor satunya dengan menekan tombol Windows+ PageUp/Down di atas.

 + Tombol Anak Panah
Fungsi tombol diatas sangat beragam tergantung dari arah anak panah yang Agan tekan. Tekan anak panah ke atas dan jendela apilikasi yang semula berukuran kecil, akan menjadi Maximize.

Sebaliknya, perkecil lagi jendela itu dengan menenkan tombol ke bawah. Kalau menekan tombol kiri atau kanan pada layar monitor dalam ukuran setengah dari ukuran layar.

 + O
Berguna untuk mengaktifkan fitur auto-orientation. Tidak begitu bermanfaat untuk komputer berjenis desktop.

Lebih bermanfaat untuk komputer yang bisa diputar-putar orientasinya (landscape atau por-traid)

 + ANGKA
Tekan tombol Windows dan lanjutkan dengan angka dari 1 hingga 9 untuk mengaktifkan apilikasi-apilikasi desktop yang Agan pasang di dalam taskbar.

Angka 1 sampai 9 itu mempresentasikan untuk urutan-urutan apilikasi tersebut di dalam taskbar.

 + M
Berguna untuk me-minimize seluruh jendela apilikasi yang ada di dalam desktop.

 + U
Berguna untuk menampilkan jendela Ease of Access Center. Di dalam jendela ini, Agan bisa mengaktifkan fitur-fitur untuk membantu Agan mengoprasikan Windows dengan cepat dan menyenangkan seperti Narator, Magnifier, On-Screen Keyboard dan lain sebagainya.



 + B
Untuk kembali ke Dekstop dan mengaktifkan apilikasi yang terakhir kali Agan gunakan.

 +,
Berguna untuk menyembunyikan sementara seluruh jendela apilikasi sehingga Agan bisa melihat desktop. Untuk menormalkan kembali, lepas tombol Windows.

 + T
Tekan tombol itu dan ikon-ikon apilikasi yang ada di dalam taskbar menampilkan jendela-jendela yang sedang aktif. Gunakan tombol tersebut untuk berpindah apilikasi.




 + Z
Setiap apilikasi yang berjalan di lingkungan Start Screen memiliki menu-menu tersembunyi yang akan muncul kalau Agan mengklik kanan mouse.

Namun ada cara lain selain klik-kanan, yaitu tekan tombol kombinasi di atas untuk menampilkan menu-menu tersembunyi itu.

 + F1
Ingin mendapatkan bantuan dari fitur Help dari fitur Help and Support Windows 8? Tekan saja tombol Windows+F1 seperti dijelaskan di atas.

 + Pause/Break
bisa digunakan untuk pengaturan memunculkan jendela System.



Shortcut Tanpa Melibatkan Tombol Windows

Selain tombol-tombol shortcut yang melibatkan tombol Windows, Agan pun bisa memakai beragam tombol shortcut lainya yang tak membutuhkan penekanan tombol Ctrl dan Alt itu. Berikut tombol-tombol yang bisa Agan gunakan:

Alt + F4
Setelah Agan selesai menggunakan sebuah apilikasi, tentunya Agan akan menutup apilikasi tersebut. Untuk menutup jendela apilikasi dengan cepat, tekan tombol kombinasi di atas.

Alt + Spacebar
Biasanya untuk memunculkan shortcut menu kita harus mengarahkan mouse ke optin bar sebuah apilikasi lantas mengklik tombol kanan mouse.

Namun Agan juga bisa memunculkanya dengan menekan tombol Alt+Spacebar sehingga shortcut menu akan dimunculkan di sudut kiri atas apilikasi.

Ctrl + Esc
Jika Agan ingin dengan cepat memunculkan Start Screen, inilah triknya pilihlah tombol Ctrl + Esc untuk masuk kembali ke dalam Start Screen.

Ctrl + Shift + Esc
Jika suatu saat Agan ingin membuka jendela Taks Manager, berikut ini diberikan trik cepat untuk membukanya, tekanlah tombol Ctrl+ Shift +Esc.

F2 (Khusus di dalam file Explorer)
Adakalanya kita ingin mengubah nama file atau folder. Luncurkan File Explorer dan pilihlah sebuah folder yang hendak diubah namanya. Lantas tekan tombol F2 dan ketik nama folder yang baru itu.

Alt Kiri + Shift Kiri + Num Lock
Agan inginn mengatur setting mouse? Awali dengan menekan tombol kombinasi di atas agar terbuka kotak dialog Mouse Keys.

Alt Kiri + Shift Kiri + PrintScreen
Kombinasi tombol diatas digunakan untuk membuat agar tampilan di layar monitor menjadi high contrast. 

Jadi , tidak ada lagi gambar-gambar atau foto yang memukau. Adanya hanya warna kontras yang membantu kita membaca teks dengan baik.



Num Lock
Tekanlah tombol Num Lock selama kurang lebih lima detik untuk memunculkan kotak dialog TonggleKyes.

Setelah itu, Agan bisa menekanfitur ToggleKyes yang akan membuat setiap penekanan terhadap tombol Num Lock, Caps Lock, dan Scroll Lock diikuti oleh suara.

F5 (Khusus Notepad)
Untuk memunculkan format tanggal dan jam di dalam halaman Notepad Agan, tekanlah tombol F5.

Ikon-Ikon yang Perlu untuk Diketahui
Selain tombol-tombol rahasia, Windows 8 memiliki banyak ikon dan gambar-gambar lain yang menunjukan beberapa fungsi tersembunyi. Apa saja itu? Lihat daftarnya di bawah ini.

+ Klik- Drag ke Bawah
Apilikasi berbasis Start Scren selalu tampil full screen. Masalanya ,Agan tak akan menemukan ikon “X” untuk menutup jendela apilikasi itu seperti kalau bekerja di lingkungan Dekstop.

Lantas? Untuk mematikan apilikasi, arahkan kursor mouse ke bagian paling atas apilikasi itu sampai kursor mouse berubah menjadi bentuk tangan. Kik-drag ke bagian bawah pada layar monitor.

 Turn Live Tile Off

Klik-kanan pada tile yang ada di dalam Start Sreen dan Agan akan melihat ikon seperti di atas pada menu bagian bawah. Jika Agan klik maka live tile dalam kondisi mati.

Live tile sendiri adalah tile yang bisa menampilkan informasi-informasi terbaru secara berkala langsung pada tile didalam Start Screen.

Untuk mengaktifkannya kembali lakukan proses yang sama dan pilih Turn Live Tile On .

Smaller/Larger
Ada dua ukuran tile, yaitu besar dan kecil. Jika ingin mengubah ukuranya, klik-kanan pada tile dan klik ikon di atas.

Smaller artinya membuat tile itu berukuran kecil. Sedangkan Larger untuk mengembalikan ukuran tile itu menjadi lebih besar.

Peak Password
Ikon tersebut dapat Agan temukan ketika mengisi password di dalam kotak teks password.

Fungsinya untuk mengintip password sehingga tAgan bintang yang biasanya muncul ketika mengetik kata kunci akan berubah menjadi teks sesuai penekanan tombol keyboard.



Tujuanya, agar Agan tidak salah ketik saat menginput password. Klik ikon tersebut dan jika Agan selesai mengklik, maka akan kembali lagi ke bentuk bintang-bintang (atau bulatan-bulatan).

CATATAN:
Tidak semua kotak teks password memiliki fitur ini. Ikon peak password akan muncul di lingkungan Windows 8 dan internet Explorer serta software lain yang mendukung.

Ketika menggunakan Firefox, Agan tak melihat ikon ini.

Big Picture
Lihatlah ikon ini. Letaknya di dalam start screen, tepatnya di pojok kanan bawah layar monitor.

Jika diklik, maka Agan akan melihat seluruh tile apilikasi yang pernah diinstal. Untuk mengembalikan ke format semula, klik pada bagian kosong yang ada di Start Screen.

All Apps
Klik kanan pada Start Screen dan ada menu tersembunyi di bagian bawah. Di dalam menu itu ada ikon bertuliskan menu itu ada ikon bertuliskan All Apps.

Jika diklik, maka seluruh apilikasi yang ada di sistem Windows 8 akan ditampilkan, termasuk apilikasi-apilikasi “klasik” yang kita temukan di Windows versi lama.



Uninstall
Klik-kanan pada sebuah apilikasi dan akan muncul ikon Uninstall. Fungsinya untuk menghapus apilikasi apilikasi itu dari sistem Windows 8.

Ikon bekerja baik untuk apilikasi berbasis Start Screen maupun Desktop. Jadi untuk meng-uninstall program, Agan tidak perlu Control Panel lagi.

Upin from Start
Fungsinya untuk membuang file apilikasi dari Start Screen. Metode ini berbedadengan Uninstall berarti menghapus apilikasi itu Windows 8 sehingga tidak bisa dipakai lagi.

Sedangkan Upin hanya Berguna untuk menghilangkan tile apilikasi itu. Jika Agan telah membuat ikon apilikasi di dekstop, maka gunakan ikon itu untuk meluncurkan apilikasi tersebut.



Pin to Taksbar
Kalau Agan klik-kanan pada tile apilikasi Dekstop, maka akan ditemukan ikon Pin to Taksbar.

Fungsinya adalah meletakan ikon apilikasi itu ke dalam taksbar sehingga untuk menjalankan apilikasi tersebut, Agan tidak perlu masuk ke dalam Start Screen lagi.

Clear Selection
Ketika berada didalam Start Screen, Aganbisa menyeleksi apilikasi-apilikasi dengan melakukan klik-kanan pada masing-masing tile sampai tercentang.

Nah, ikon Clear Selection Berguna untuk menghapus seluruh seleksi yang sudah Agan lakukan tadi.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar